Buat para pemburu beasiswa pasti udah hapal deh sama berlikunya IELTS. Seperti yang kamu tahu kalau IELTS menjadi salah satu syarat untuk bisa melanjutkan studi di luar negeri. Umumnya band score yang dibutuhkan berada di range minimal 6.5 atau 7.0 namun bisa ada syarat khusus dari jurusan yang dituju. Ujian IELTS ada empat macam yaitu Listening, Reading, Writing dan Speaking. Kebanyakan dari kita terlalu fokus terhadap persiapan dirangkaian tes dan melupakan persiapan sekunder yang ternyata berdampak besar di saat tes. Wah wah apa saja ya yang juga mesti kita perhatikan dan siapkan ya?

 

Paspor/KTP

Mengikuti tes IELTS, peserta harus memiliki kartu identitas. Disarankan buat teman-teman agar menggunakan paspor daripada KTP untuk ditunjukkan saat registrasi. Resiko pemakaian paspor lebih kecil daripada KTP, jika menggunakan paspor yang dicek hanya fotonya saja tapi jika menggunakan KTP tanda tangan teman-teman akan dicek dan harus sama persis titik dan lekukan-lekukan untuk bisa ikut tes. Jika dianggap tidak sesuai maka kamu fix gak bisa ikut.

 

 

Membiasakan diri menggunakan pensil HB

Biasanya kalau tes-tes kita umumnya menggunakan pensil 2B tapi IELTS menggunakan pensil HB yang teksturnya lebih keras daripada 2B. Kenyamanan alat tulis biasanya mempengaruhi kenyamanan menulis juga. Oh ya saat tes semua alat tulis disediakan oleh penyelenggara IELTS.

 

 

Menulis rapi

Ternyata kerapihan dalam menulis sangat penting tauk. Hampir seluruh tes IELTS ‘memaksa’ kita agar memiliki tulisan yang dapat dibaca oleh penguji. Jika kamu memiliki tulisan yang kurang rapi, jangan lupa berlatih menulis lebih rapi dan mudah dibaca.

 

 

Kroscek lembaga tempat tes IELTS

Setiap penyelenggara memiliki fasilitas yang terstandar namun tentu memiliki karakteristiknya masing-masing. Kamu kudu mengecek ulasan terkait fasilitas dan pelayanan yang diberikan demi kenyamanan saat tes berlangsung.

 

 

Menggunakan baju warna cerah

Gak disebutkan sih kalau perlu memakai baju warna cerah, tapi ternyata hal ini berpengaruh terhadap mood-mu. Warna cerah dapat membuatmu terlihat lebih segar serta dapat memancarkan mood yang baik juga.

 

 

Cek jadwal tes

Hal ini menjadi krusial untuk kamu yang punya target beasiswa. Biaya tes IELTS bisa dibilang gak murah sehingga pendaftarnya gak sebanyak TOEFL. Bisa saja tes yang teman-teman daftarkan dibatalkan karena tidak mencapai jumlah minimum peserta. Jadi pastikan bahwa jadwalnya sesuai.

 

Tidak banyak minum

Ruangan tes biasanya akan sangat dingin, jangan terlalu banyak minum agar di tengah tes gak bolak balik ke toilet. Selain membuatmu kurang fokus, juga membuat waktu terbuang percuma sedangkan gak ada penambahan waktu pengerjaan plus kamu mesti  scan sidik jari lagi di pintu masuk seperti saat memasuki ruangan di awal tes.