Pesta Demokrasi Bernama PEMIRA: Sebuah Catatan Harian KPUR SMART (Selesai)

HARAPAN BARU YANG TERBIT KEMBALI

 

cover-3

 

23 September 2016

Hujan turun deras sekali, kami sempat khawatir jika pemilihan sore ini akan sepi, namun kami tak menyangka jika semangat para siswa SMART tak ada matinya. Semangat tersebut dapat dilihat dari selasar lantai dua SMART yang disesaki para pemilih yang akan memilih kandidat favorit mereka di PEMIRA OASE 2016. 240 siswa berpartisipasi menggunakan hak pilih mereka untuk menentukan masa depan OASE periode 2016/2017.

 

kelas

selasar

 

“Kami terus mengawasi jalannya pemilihan agar berjalan dengan baik,” ujar Rizal, Ketua Komisi Pemilihan Umum Raya (KPUR) SMART. Pemilihan sendiri dilaksanakan di lima kelas yakni Kelas Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Fisika, Matematika, dan dimulai pukul 16.00 WIB. Para pemilih diminta untuk menempati kelas-kelas yang disediakan sesuai dengan tingkatan kelasnya (misalnya Kelas 1 di Kelas Sosiologi, dan seterusnya),  nantinya para pemilih hanya diberikan kesempatan memilih satu kali dan pencoblosan disupervisi langsung oleh tim KPUR agar tak terjadi kecurangan.

 

selasar-2

 

Setiap kertas suara telah diberi tanda khusus dan dicetak dengan metode rahasia ala KPUR sehingga para pemilih tak dapat memanipulasi kertas suara.

 

kertas

 

“Kami juga menyebar tim diseluruh kelas agar kecurangan bisa diminimalisasi,” tambahnya. PEMIRA 2016 merupakan gelaran tahunan besar untuk memilih Presiden Organisasi Akademika SMART Ekselensia (OASE), di mana nantinya presiden terpilih akan menjalankan berbagai program yang telah digaungkan sebelumnya. Pencoblosan PEMIRA 2016 berjalan dengan tertib, para peserta nampak sangat antusias memilih pasangan yang mereka jagokan untuk menduduki kursi panas OASE 2016.

 

coblos

 

Ada tiga partai yang dijagokan dalam PEMIRA OASE 2016 antara lain:

1. Partai Ainurrofiq dengan pasangan calon Rofiq dan Usamah.

pemira-1

 

2. Partai Quratta’ayun dengan pasangan calon Angga dan Aji.

pemira-2a

 

3. Partai Izzatul Islam dengan pasangan calon Hafizh dan Syarif.

pemira-3a

 

“Diharapkan seluruh siswa memilih yang terbaik untuk membangun OASE selanjutnya, seperti jargon ketiga pasangan yakni “kami maju bukan untuk menang tapi untuk membangun OASE yang lebih baik di masa yang akan datang,” tutup Rizal.

 

coblos-2

 

Setelah pencoblosan, tim KPUR langsung menuju kelas Sosiologi untuk menghitung jumlah suara yang masuk. 50 orang siswa memadati kelas dengan wajah sumringah, para guru pun tak ingin ketinggalan menyaksikan momen penting tersebut. Perhitungan dimulai dan suara riuh mulai terdengar, suara para penghitung sura membahana senatero kelas, sorak sorai menghiasi perhitungan suara yang berjalan mulus tanpa hambatan. Masing-masing partai mendapatkan jumlah suara yang cukup banyak, pertarungan sengit dimulai ketika partai yang satu mendapatkan suara terbanyak dibandingkan partai yang lain. Proses perhitungan suara terus bergulir hingga pukul 16.50 WIB, namun masih saja terkendala berbagai hal padahal masih banyak surat suara yang belum dihitung. Alhamdulillah hal tersebut dapat diatasi dengan cepat.

 

hitung-suara

 

Pertarungan sengit akhirnya berakhir dengan diumumkannya pasangan terpilih yang akan menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden OASE periode 2016/2017 yakni Muhammad Rofiq Sidiq dan Usamah Ahmad Ismail dari Partai Ainurrofiq.

 

cover-3

 

Kami ucapkan selamat pada pasangan terpilih dan selamat menjalankan amanah baru, semoga sukses! (AR)