Pesta Demokrasi Bernama PEMIRA: Sebuah Catatan Harian KPUR SMART

14333600_10205157982589721_8088464002385272785_n

18 September 2016

Setelah beberapa bulan mengonsep, berdiskusi serta bertukar pikiran, akhirnya hari yang kami tunggu datang juga. Kami, Komisi Pemilihan Umum Raya (KPUR) SMART Ekselensia Indonesia, dengan bangga mempersembahkan PEMIRA (Pemilihan Umum Raya) 2016.

PEMIRA merupakan ajang paling bergengsi, ajang unjuk gigi paling greget, dan ajang yang paling ditunggu di SMART. PEMIRA diadakan setahun sekali untuk memilih Presiden Organisasi Akademika SMART Ekselensia (OASE) yang akan berkontribusi nyata untuk kemajuan OASE di periode yang telah ditentukan.

Kami tak pernah menyangka jika para siswa SMART sangat antusias menyambut PEMIRA 2016 ini. Setelah pendaftaran PEMIRA 2016 dibuka, yang mendaftar membludak, banyak siswa mencalonkan diri untuk menjadi Ketua OASE periode 2016/2017. Mereka menggadang partai masing-masing dan semua memiliki visi serta misi yang mumpuni, namun kami hanya memilih tiga partai dengan visi dan misi yang sesuai dengan value OASE dan SMART. Kira-kira siapa yang kami pilih?

Ini dia tiga partai yang terpilih:

  • Partai Ainurrofiq dengan pasangan calon Rofiq dan Usamah
  • Partai Quratta Ayun dengan pasangan calon Erlangga dan Aji
  • Partai Izzatul Islam dengan pasangan calon Hafizh dan Syarif

 

19 September 2016

Pagi ini cuaca sangat bersahabat, udaranya segar, dan rasa optimis kami membumbung ke angkasa. Kami yakin, sangat yakin jika tiga partai pilihan kami akan menjadi wajah baru yang akan membawa OASE ke jenjang yang lebih baik. Kok bisa? Jelas bisa, karena mereka memiliki visi, misi, dan program kerja yang mumpuni.  Namun tetap saja keputusan akhir kami serahkan kembali  pada masyarakat, dalam hal ini para siswa kelas 7 sampai kelas 12, mereka lah yang memiliki kekuatan penuh untuk menentukan masa depan OASE selanjutnya.

PEMIRA hari pertama mulai bergulir Senin (19/09) kemarin. Ketiga partai tampil maksimal memaparkan visi, misi, dan logo yang menjadi ciri khas mereka.  Para siswa lain dengan wajah penuh keingintahuan memandang calon-calon pemimpin baru mereka dengan tatapan takjub, para guru pun tak ketinggalan berpartisipasi mendukung para siswanya beraksi. Gegap gempita suasana di lapangan kala itu.

Selama empat hari (19-22/09), partai terpilih akan berkampanye dihadapan ratusan siswa di Lapangan Apel SMART  guna memaparkan berbagai program kerja yang mereka tawarkan jika terpilih. “Kami berharap ketiga partai ini bisa bersaing sehat,” ujar Rizal, Ketua Kongres. “Bersaing sah sah saja, namun bukan untuk kemenangan pribadi melainkan kemenangan OASE,” tambahnya.

Yang menarik pada kesempatan kemarin para kandidat berpakaian perlente dan bersikap bak pejabat, kemunculan mereka disambut iringan perkusi Tim TRASHIC SMART (Trash Music). Hal tersebut sontak membuat  siapapun yang melihat terpingkal dibuatnya .

Setelah melewati sesi demi sesi di hari pertama, semua kandidat mendapatkan tepuk tangan paling meriah, dan mereka dipersilakan untuk menyiapkan bahan kampanye untuk hari selanjutnya. Semoga tema “Semangat Baru, Pemimpin Muda” yang kami usung akan melahirkan calon-calon pemimpin masa depan yang memiliki visi dan misi  serta daya saing global yang tinggi. (AR x SR)

 

pemira-2 pemira-3 pemira-4