,

Prestasi Tim Dompet Dhuafa di Zakat Cup

MALAYSIA – Setelah tiga kali berpartisipasi, pada tahun 2010, 2012, dan 2015, akhirnya Tim Bulu Tangkis Dompet Dhuafa menjadi yang terbaik pada Kejohanan (Kejuaraan) Badminton Pusat Zakat Antarnegeri-negeri Penghimpun Zakat 2015. Pada pertandingan final yang dilangsungkan pada hari Ahad, 15 Maret 2015, di Stadium Badminton Kuala Lumpur, Cheras, Malaysia, Tim Bulu Tangkis Dompet Dhuafa mengalahkan Tim Bulu Tangkis Johor, Malaysia dengan skor 3 – 1.

Perjuangan panjang harus dilalui Tim Bulu Tangkis Dompet Dhuafa pada turnamen yang mempertemukan 12 bulu tangkis antarlembaga zakat dari Malaysia dan Indonesia tersebut. Tim DD Berada satu grup dengan tim MPAIS, Selangor, dan salah satu mantan juara turnamen ini, Johor. Dalam penyisihan grup pada Sabtu (14/3), Dompet Dhuafa berhasil menyisihkan lawan-lawannya, yaitu Tim MPAIS dengan skor 5:0, Selangor 5:0, dan mengunci kemenangan sekaligus memastikan diri menjadi juara grup dengan mengalahkan Tim Johor dengan skor 4:1.

Pada hari yang sama, dipertandingkan pertandingan pada babak perempatfinal. Tim DD yang terdiri atas 12 pemain dan empat di antaranya merupakan karyawan SMART Ekselensia Indonesia, yaitu July Siswanto (Guru Bahasa Arab), J. Firman Sofyan (Guru Bahasa Indonesia), Harja Wijaya (Staf Umum), Andi Angger Sutawijaya (Staf Filantropi Pendidikan) sukses menaklukkan Tim Kedah dalam pertandingan yang menguras stamina dengan skor ketat, 3:2.

Sebelum final beregu dipertandingkan, terlebih dahulu dipertandingkan final perseorangan. Herdiansah, Perwakilan dari Dompet Dhuafa,menjuarai tunggal putra kelas eksekutif setelah mengalahkan lawannya dengan rubber game. Kedigdayaan perwakilan Dompet Dhuafa diperjelas dengan  kemenangan Deni Arsandi (PSI) dan Harja Wijaya (SMART Ekselensia) yang menjadi jawara dalam pertandingan perseorangan ganda putra juga dengan mengalahkan lawannya dalam pertandingan rubber game, 2:0.

Pada hari kedua, Ahad (15/3), pertandingan melelahkan kembali dijalani Tim Bulu Tangkis Dompet Dhuafa saat menghadapi kekuatan baru tahun ini, Tim Pinang. Reli-reli panjang tersaji dalam pertandingan semifinal tersebut, sampai akhirnya tim Dompet Dhuafa berhasil merebut tiket final dengan skor tim 3:2.

Dengan waktu istirahat yang singkat, Tim Bulu Tangkis Dompet Dhuafa kembali harus menjalani pertandingan final pada hari yang sama. Pada babak final, Tim DD kembali harus bersua dengan Tim Johor yang dikalahkan dengan skor 4:1 pada babak penyisihan. Dengan kepercayaan diri yang tinggi dan semangat membara serta menggelora, Tim Bulu Tangkis DD akhirnya mengalahkan lawan dengan skor 3:1

“Alhamdulillah usaha keras dari kawan-kawan berbuah manis di Malaysia. Setelah melalui perjuangan panjang di hari pertama, akhirnya kini dapat memboyong Piala Pusingan 2015 ke Indonesia,” ungkap Manager Tim Bulu Tangkis Dompet Dhuafa, Shofa Quds, melalui pesan singkat.

Tim Bulu Tangkis Dompet Dhuafa pun akhirnya sukses membawa Piala Pusingan (Bergilir) Turnamen Badminton Zakat Cup yang diselenggarakan oleh Pusat Pungutan Zakat (PPZ) Malaysia. Tim DD sukses menjadi yang terbaik pada turnamen yang  sudah genap dilaksanakan selama 8 kali tersebut. Selain mencari juara pada pertandingan bulu tangkis, turnamen ini diharapkan menjadi ajang silaturahmi antarnegara-negara penghimpun dana zakat sehingga tercipta kerja sama yang erat dan terus bersinergi dalam kebaikan bersama. (J.Firman S.)