Puasa Sambil Diet atau Diet Sambil Puasa? Bolehkah? Simak Tulisan Kami Dulu Dong.

Puasa Sambil Diet atau Diet Sambil Puasa? Bolehkah? Simak Tulisan Kami Dulu Dong.

 

Seperti yang kita ketahui Sob jika berpuasa di bulan Ramadan merupakan kewajiban bagi umat muslim, tapi jika puasa diniatkan untuk berdiet kira-kira hukumnya apa ya?

Ketika kita berpuasa namun memiliki niatan lain maka hal ini bisa dijelaskan ke dalam dua keadaan Sob:

Pertama: Niat puasanya hanya untuk Allah, perihal mendapatkan kesehatan atau turun berat badan hanya bonus artinya yang besangkutan berpuasa niat ikhlasnya hanya untuk Allah saja namun dia menginginkan agar badan lebih sehat atau turun berat badan maka ibadah puasanya sah.

 

Kedua: Mungkin banyak dari kita yang memanfaatkan momen Ramadan sebagai sarana untuk menurunkan berat badan, namun ternyata jika kita niat berpuasa semata-mata agar turun berat badan dan bukan karena Allah maka kita tidak mendapatkan pahala apa-apa. Sebagaimana firman Allah:

مَنْ كَانَ يُرِيدُ الْعَاجِلَةَ عَجَّلْنَا لَهُ فِيهَا مَا نَشَاءُ لِمَنْ نُرِيدُ ثُمَّ جَعَلْنَا لَهُ جَهَنَّمَ يَصْلاهَا مَذْمُومًا مَدْحُورًا

“Barangsiapa menghendaki kehidupan sekarang (duniawi), maka Kami segerakan baginya di dunia itu apa (balasan dunia) yang Kami kehendaki bagi orang yang Kami inginkan, kemudian Kami jadikan baginya neraka Jahannam; ia akan memasukinya dalam keadaan tercela dan terusir” (QS al-Israa’: 18).

 

Jadi jika kamu tetap menyelipkan niat karena Allah dan tak menjadikan turun berat badan sebagai tujuan utama berpuasa maka puasamu tetap sah Sob, yang tidak boleh adalah ketika kita tidak melibatkan Allah sama sekali di dalam niat kita berpuasa.