Pulang Kampung Itu Ujian Kawan

Pulang Kampung Itu Ujian Kawan

Pulang Kampung Itu Ujian Kawan meskipun Pulang Kampung (PulKam) menjadi kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh seluruh siswa SMART Ekselensia Indonesia. Namun tak dapat dipungkiri bahwa sebelum itu ada agenda yang amat memeras otak yaitu ujian atau PAS(Penilaian Akhir Semester). Inilah evaluasi ilmu yang telah kami telan selama 1 semester. PulKam menjadi penyejuk dan pemberi kebahagiaan tersendiri bagi kami yang letih  memeras otak demi hasil terbaik di PAS. Tetapi, kami tersadar jikalau Pulkamlah ujian sebenarnya.

PulKam kami anggap ujian sebenarnya karena di kampung halaman kami harus tetap mengamalkan ilmu yang telah dipelajari di sekolah. Belum lagi banyaknya pertanyaan seperti “Apakah di rumah kami selalu ke masjid?”, “Apakah kami melaksanakan salat dan puasa sunah?” Acapkali kami terlena karena hadirnya gawai ketika menikmati saat-saat PulKam sehingga lupa untuk menunaikan berbagai hal yang biasa kami lakukan di SMART.

Ternyata gawai memang terbukti mampu membuat kami lupa waktu, tak heran bila sekarang muncul istilah “Manusia Menciptakan Untuk Menghancurkan”, maksudnya, manusia menciptakan media elektronik untuk mencukupi kebutuhan rohani, namun penggunaan yang berlebihan dan melenceng dapat menghancurkan akhlak, perilaku, ramah tamah dan lain sebagainya. Nah penggunaan gawai berlebih juga mampu menumbuhkan sikap individualisme, ironis memang bila kita berbicara tentang individualisme di kalangan remaja yang semakin marak di Indonesia. Parahnya selain individualisme ternyata gawai juga mampu menimbulkan pergaulan tak terkontrol dan seolah tak memiliki batasan.

Oleh karena itulah kami yang pulang ke kampung halaman harus pintar-pintar mengatur serta menjaga diri karena ustaz dan ustazah di sekolah tak bisa mensupervisi kami secara langsung. Caranya bagaimana? Dengan meminimalisasi penggunaan gawai, tetap rutin mengaji dan datang ke majlis kebaikan, dan satu lagi tetap berpegang teguh pada nilai-nilai yang diajarkan di SMART.

Untuk saya Pulang Kampung selain menyenangkan juga ajang memperbaiki diri, semoga di Pulang Kampung tahun