RITME Menghentak, RITME Juara

17-02-13-16-12-40-428_photo-01

Pagi itu hujan turun lumayan deras. Kami, RITME,Tim Trash Music (Trashic) SMART angkatan 10 yang terdiri dari delapan personel yakni Devon, Reza, Angga, Arif, Tobi, Restu, Irhas, dan Putra sedang membuat kostum yang digunakan untuk lomba hari itu. Kami menganggap kostum yang kami buat cukup aneh. Bagaimana tidak aneh, kaos polos kami gunting hingga memiliki jumbai ditambah guntingan trashbag dengan pola serupa untuk bawahannya hehe. Walau agak aneh tapi kami percaya diri.

Setelah memastikan semua kostum siap dan peralatan “perang” yang dibawa dalam kondisi prima, kami memutuskan untuk berangkat ke School of Universe (SOU),  Bogor, Jawa Barat. Sesampainya di SOU kami segera mengambil undian untuk menentukan nomor urut tampil, wah kami dapat nomor tampil empat dari delapan peserta yang mengikuti lomba ini. Ah sampai lupa kami mengikuti lomba Trashic Percussion Championship (TPC) yang diadakan oleh SOU pada 11 Februari lalu, TPC merupakan lomba yang diadakan setahun sekali dan melibatkan puluhan sekolah se-Jabodetabek.

Nomor urut tampil sudah di tangan,saatnya kami membongkar peralatan trashic dan menyusunnya hingga rapi. Acara dibuka tepat pukul 10.00 pagi (sedikit ngaret dari jadwal awal yaitu pukul 09.30) dengan penampilan tim trashic dari SOU, mereka  membawakan lagu Yamko Rambe Yamko dan Sajojo, harus kami akui penampilan mereka cukup bagus. Penampilan dari tim SOU disambut tepuk tangan meriah, ah akhirnya masuk juga ke acara inti. Satu persatu peserta dipanggil, di belakang panggung kami bersiap-siap dengan memakai kostum dan berdoa serta menyusun strategi. Lalu sampai juga giliran kami, alat-alat kami tata (kembali) di atas panggung, sejurus kemudian kami mulai memainkan lagu dimulai dari intro, diselingi gerakan-gerakan, dan lagu utama. Kami membawakan 3 lagu antara lain Manuk Dadali, Perahu Layar, dan Apuse. Kami tampil dengan penuh semangat serta percaya diri, di atas panggung kami melihat penonton begitu antusias dan terlihat sangat terhibur  hingga tak ayal membuat mereka bersorak-sorai.

Di akhir penampilan, kami memberi kejutan dengan merobek baju berjumbai hingga baju tim kami  terlihat. Adegan tersebut sungguh dramatis sehingga membuat penonton bertepuk tangan semakin keras. Setelah tampil, kami mengucap syukur sambil beristirahat sejenak untuk makan

Waktu menunjukkan pukul 13.00 WIB,kami sudah harus kembali ke panggung karena akan ada penilaian dari juri. Komentar juri cukup pedas kepada peserta lain, namun pujian dan rasa kagum justru mereka layangkan untuk kami. Bukan kegeeran, tapi entah kenapa kami merasa kalau komentar juri tersebut akan membawa kami pada kemenangan.

IMG-20170211-WA0001

Kemudian tibalah sesi yang kami tunggu-tunggu, pengumuman pemenang! Pengumuman disampaikan oleh Mas Hendra, salah satu personel Duo Percussion yang unjuk gigi kala juri selesai menilai. Satu persatu nama pemenang diumumkan, juara tiga diraih oleh Master;  juara dua diraih oleh Nurul Iman. Duh kami mulai panas dingin, khawatir rasa GR kami malah meleset….  dan ternyata juara satu diraih oleh kami, RITME Tim Trashic SMART. Kami bersorak bahagia lalu naik ke atas panggung untuk menerima piala, uang tunai sejumlah 3 juta, dan sebuah alat penjernih air.  Kami pulang dengan membawa oleh-oleh yang sangat berharga. Kami sangat bahagia. Alhamdulillah prestasi membanggakan kami persembahkan untuk sekolah kami tercinta, SMART Ekselensia Indonesia. (DV x AR)