Ruang Inspirasi, Celebrity Chef, dan Ledakan Inspirasi

f01

 

“Kriiing… kriiing…”

Suara bel yang cempreng dan memekakkan telinga terdengar keseluruh penjuru sekolah. Tak lama berselang terdengar pengumuman: “Assalamualaikum, kepada seluruh kelas 10 diharapkan untuk segera menuju ke Aula SMART. Sekali lagi kepada seluruh kelas 10 diharapkan segera menuju Aula SMART”. Kami yang sedari tadi berada di selasar sekolah tetiba tersadar kalau ada acara Ruang Inspirasi di aula siang itu. Namun suara pengumuman tampaknya belum cukup membuat kami beranjak menuju aula, hingga kak Akhie, Markom Dompet Dhuafa Pendidikan, harus menyusul beberapa dari kami dan menggiring kami ke sana.

 

f02

 

Aula terlihat lengang. Namun menurut mbak Eni, panitia Ruang Inspirasi, pembicara yang ditunggu sudah datang. Saat itu juga kami putuskan untuk mencari tempat duduk ternyaman sambil bersenda gurau. Siang itu kami tak belajar seperti biasa Sob, “kok bisa?” Bisa karena pak Juli, Kepala Sekolah kami, memberi lampu hijau agar kami mengikuti acara Ruang Inspirasi *terima kasih pak Juli*, dan menurut kabar burung ternyata secara eksklusif kakak-kakak Komunitas Filantropi Pendidikan (KFP) mengundang kami untuk datang ke acara Ruang Inspirasi yang diadakan di Aula SMART mulai pukul 13.00 WIB hingga lepas Ashar tersebut. Waw kami merasa tersanjung. Pasti ada darimu yang bertanya-tanya: “Kok kelas 10 saja yang terpilih?” Iya karena kelas 11 sedang sibuk mempersiapkan SBMPTN, kelas 9 sibuk Ujian Sekolah, dan adik-adik kelas kami lainnya tak jauh berbeda. Begitu Sob. Oh iya sekadar informasi untuk kalian, Ruang Inspirasi sendiri merupakan acara yang rutin dihelat KFP sebagai bagian dari pengembangan diri baik untuk siswa SMART Ekselensia Indonesia maupun pelajar lain di luar sana, biasanya kakak-kakak KFP mengundang nara sumber dengan profesi keren dan mau berbagi pengalaman mumpuni mereka agar kami terinspirasi dan makin kuat berjuang gapai mimpi.

 

f03 f03a

 

Detik berubah menit yang ditunggu akhirnya masuk ke aula juga. Awalnya kami tak tahu siapa gerangan sang pembicara, tapi wajahnya nampak familiar. Penampilannya anak muda banget, gaul, dan pembawaannya sangat tenang. Setelah diperkenalkan baru kami ngeh jika yang berdiri dihadapan kami ini seorang Celebrity Chef bernama Ari Galih Gumilang. Beberapa dari kalian mungkin sudah akrab dengan wajahnya yang selalu hadir menyapa di acara Harmoni Alam & Rahasia Dapur Nenek di TRANS TV. Selain menjadi host memasak di TRANS TV, kemampuan Chef Galih juga bisa kamu saksikan di channel YouTube Kokiku TV. Selama melakukan presentasi Chef Galih memaparkan perjuangannya menjadi seorang Celebrity Chef hingga seperti sekarang. Hwala ternyata tidak mudah Sob, pahit getir ia rasakan ketika terlunta di negeri orang namun harus tetap bertahan agar bisa hidup. Ia juga bercerita seputar pengalamannya selama berkuliah di Australia hingga perjuangan mengejar mimpinya, kami semua bengong dan hanya bisa memerhatikannya dengan tatapan kagum, ternyata dibalik kesuksesan seorang chef ada perjuangan dan juga pembelajaran tanpa henti. Ketika sesi tanya jawab berlangsung banyak diantara kami yang melayangkan pertanyaan seputar menggapai impian, dan jawaban sang chef membuat kami tertegun.

 

f04

 

“Yang pasti kalian harus memiliki tekad, keyakinan, dan punya semangat juang tinggi untuk mewujudkan mimpi-mimpi kalian. Jangan takut, ikuti passion kalian,” ujarnya penuh semangat. Ucapan Chef Galih akan kami tanam baik-baik sebagai bekal lepas SMA nanti.

 

f05 f06

 

Di dalam pikiran kami, yang namanya pesohor pasti memiliki kepribadian yang ehem khas pesohor (baca: sombong), dan kami salah. Chef Galih ternyata ramah dan membumi sekali, kami bahkan diajaknya untuk belajar memasak Sob. Iya memasak! Setelah sesi di aula selesai, kami keluar ruangan untuk belajar dan memasak bersama. Eh? Masak apa sih? Sore itu kami memasak Makaroni dengan Saus Bechamel. Saus Bechamel alias saus putih merupakan saus dasar ketika kamu ingin membuat pasta atau olahan masakan lainnya, cara membuatnya pun mudah. Nah keseruan selama memasak sangat terasa, kami dan para karyawan Dompet Dhuafa Pendidikan sangat antusias mengikuti jalannya demo memasak dari Celebrity Chef kenamaan. Ini pertama kalinya kami melihat seorang chef unjuk kebolehan, tak heran jika kami agak norak dibuatnya ehehehee. Tanpa segan Chef Galih juga mengajak kami, lebih tepatnya Ghifar, menjadi asistennya. Ia mengajarkan cara memotong yang benar, merajang yang efektif, dan memberi tips serta trik memasak. Setelah masakan jadi ia mempersilakan kami untuk mencicipi. Waaaah hasil masakan seorang ahli memang beda ya Sob, enaaaaaaaak sekali, serasa melayang ketika menyantapnya. Oke ini berlebihan hihi.

 

f07

 

Selama memasak Chef Galih juga mengadakan sesi tantangan, kami ditantang untuk mengemukakan impian kami dan alasannya. Yang berani akan diganjar kesempatan untuk makan bareng Chef Galih. Hening, tak satupun bersuara, keheningan pecah ketika Vikram serta Ghifar berani menerima tantangan sang chef. “Saya ingin menjadi pemilik restoran, walaupun tak bisa memasak namun saya akan berusaha,” tegas Ghifar lantang yang disambut tepuk tangan meriah.

 

f08

 

Berbagi inspirasi sudah, memasak dan makan bersama sudah, menerima tantangan juga sudah. Lalu apalagi? Laluuuu beberapa dari kami ditantang kembali oleh Chef Galih untuk memasak masakan sejenis dari bahan yang masih tersisa Sob, kembali kami jawab tantangan tersebut dengan senang hati. Setelah selesai, Chef Galih menutup kegiatan sore itu dengan ucapan terima kasih lalu kami semua berfoto bersama. Tak lupa kami juga mengucapkan terima kasih pada Chef Galih.

 

f09

 

Ah kami sangat bahagia, sungguh bahagia dan sangat terinspirasi Sob. Cerita, ilmu, dan pengalaman yang Chef Galih beberkan pada kami akan selalu kami patri sampai kapanpun sebagai bekal dikemudian hari. Yang jelas semua hal hebat ini tak kan pernah kami lupakan. Alhamdulillah. Terima kasih kakak-kakak KFP untuk acara kerennya.

 

#SMARTSemangat