Sob meski masih didera pandemi, tetapi kita juga perlu mengetahui potensi diri agar bisa terus bersaing di kancah global. Lalu apa saja ya kira-kira keterampilan yang kita butuhkan untuk menaikkan potensi diri? Simak di bawah dulu dong

 

Critical thinking

Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan untuk berpikir masuk akal, kognitif dan membentuk strategi yang akan meningkatkan kemungkinan hasil yang diharapkan dengan tujuan yang jelas, beralasan, dan berorientasi pada sasaran. Hari gini, percuma kalau hanya pintar tapi nggak kritis.

 

Creativity

Kreativitas adalah kemampuan dan kemamuan untuk terus berinovasi, menemukan sesuatu yang unik serta bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan untuk mengembangkan sesuatu hal yang menjadi lebih baik. Kreativitas mampu melahirkan inovasi-inovasi baru. Salah satu contoh adalah Korea Selatan yang memiliki income tinggi karena kreativitasnya yang muncul dari motivasi ingin mengalahkan Jepang.

 

Communication

Mengomunikasikan pikiran, ide, dan gagasan kita lainnya memiliki peran sangat penting pada proses produksi informasi. Terutama tentang sains dan teknologi agar dapat diterima publik secara benar dan tidak menimbulkan kesalahpahaman. Rasanya sayangkalau kita mempunyai gagasan/pemikiran kalau tidak dikomunikasikan. Gak akan ada yang paham dan tahu dong hehe.

 

Collaboration

Ini dia nih kekuatan yang bisa membangun Indonesia, hanya saja pemuda Indonesia masih kurang dalam urusan kolaborasi. Padahal kita akan kuat kalau bisa bekerjasama dan mengerti satu sama lain.