Sekarang Menghafal Quran Satu Juz Selama Ramadan Tak Susah Lagi, Kan Ada Metode Salaman

Sekarang Menghafal Quran Satu Juz Selama Ramadan Tak Susah Lagi, Kan Ada Metode Salaman

 

Kami tahu deh kalau kamu semua pasti ingin sekali menghafalkan satu juz Qur’an selama Ramadan, tapi sayangnya kamu bingung memulai dari mana? Sekarang gak perlu bingung Sob karena kamu bisa mengikuti Metode Salaman alias Sehari Sehalaman. Metode Salaman merupakan cara mudah menghafal satu juz Quran dan satu halaman setiap hari buat kita para pelajar yang penuh kesibukan.

 

Seperti yang kita tahu kalau satu juz Al Qur’an terdiri dari 20 halaman, buat sebagian dari kita pasti menghapalnya butuh perjuangan banget deh. Tapi dengan Metode Salaman dan kalau kamu istiqomah, dalam 20 hari saja kami yakin kamu semua bisa menghafal 20 halaman alias satu juz.

 

“Lalu jika sebulan 30 hari mana 10 hari lainnya?” 20 hari bisa kamu pakai untuk menghafal dan sepuluh harinya lagi untuk muroja’ah. Kamu hanya perlu menargetkan hafal satu halaman sehari menggunakan jadwal Salat Fardhu, empat waktu buat menghafal dan satu waktu untuk murojaah. Satu halaman Quran bisa kita bagi menjadi empat bagian, seperempat halaman dihafal lepas Subuh (sebelum Subuh juga boleh) sampai benar-benar hafal. Seperempat bagian kedua bisa dihafalkan lepas Zuhur, seperempat selanjutnya lepas Asar dan Magrib. Jika mau, selepas Isya dan Tarawih kamu bisa mengulang lagi satu halaman. Lakukan secara berkala hingga hari ke-20 dari lepas Subuh hingga Tarawih. Jika konsisten, di hari 20 kamu sudah hafal satu juz. Tinggal muroja’ah di sepuluh hari berikutnya sambil I’tikaf atau sembari menikmati perjalanan mudik ke kampung halaman.

 

Agar menghafal lebih menyenangkan, sediakan mushaf yang paling kamu sukai. Jika menggunakan aplikasi Qur’an di gawai pastikan notifikasinya tidak mengganggu ketika menghafal. Pilih tempat terbaik dan nyaman buat menghafal. Jika tak punya partner untuk setoran, kamu bisa merekam suara di gawai lalu diputar sambil menyimak dengan seksama sembari melihat mushaf, jadi bisa mencek posisi kesalahannya.

 

Selamat mencoba ya, semoga Ramadanmu tahun ini penuh dengan keberkahan aamiin