“Kematangan siswa dapat diintervensi melalui pendidikan yang tepat di sekolah. Sekolah menengah atas bagi kebanyakan orang merupakan tempat menghabiskan masa remaja untuk kemudian beranjak ke fase dewasa.  Oleh karenanya diperlukan penanaman nilai-nilai kemandirian, kepercayaan, dan rasa tanggung jawab agar menjadi pribadi unggul dikemudian hari. Kami memberikan tantangan kepada para siswa untuk melakukan yang terbaik, agar masa depan yang telah dirancang dapat  mewujudkan kebanggaan untuk orangtua dan almamater tercinta.”
SMA SMART Ekselensia Indonesia merupakan sekolah akselerasi. Para siswa dirancang agar dapat lulus dalam jangka waktu 2 tahun.  Setiap tahun kami berhasil mengantarkan 100% siswa  ke Perguruan Tinggi Negeri terakreditasi A di seluruh Indonesia.
Sistem Belajar Kelas

Kami menerapkan sistem Moving Class dengan membagi ruangan sesuai dengan jenis mata pelajaran. Moving Class dimaksudkan untuk memberikan penyegaran suasana pada saat siswa berpindah dari 1 mata pelajaran ke mata pelajaran lain, menghadirkan nuansa bidang studi di setiap kelas, serta sesuai dengan prinsip islam dalam mencari ilmu yaitu murid yang mendatangi guru untuk belajar.
Kami memiliki 4 rombongan belajar dimana setiap level dibagi menjadi 2 kelas. Setiap rombongan belajar dikepalai oleh 1 ketua kelas dan 1 walikelas. Kami menggunakan kursi yang tipis dan ringan agar memudahkan penataan ruang belajar dan memungkinkan untuk diubah posisi secara cepat.

Jadual KBM

Kegiatan belajar mengajar (KBM) disekolah, kami lakukan selama 5 hari dalam 1 pekan. Setiap hari para siswa menempuh 10 jam pelajaran dengan durasi 35 menit/ 1 jam pelajaran. Istirahat dilakukan selama 2 kali pada pukul 09.50 – 10.05 WIB dan 12.00 – 13.00 WIB untuk ibadah dan makan siang. Untuk mata pelajaran yang bersifat muatan lokal semisal Al Qur’an dan Bahasa Arab, maka kami ajarkan  pada malam hari setelah makan malam.

Seragam Siswa

SMART Ekselensia Indonesia memiliki 4 jenis seragam yang wajib dipakai pada saat belajar disekolah. Seragam tersebut meliputi seragam putih-abu, seragam batik, seragam pramuka, serta baju koko.