“Berkesempatan mendampingi siswa SMP dari seluruh Indonesia merupakan pengalaman yang menyenangkan sekaligus membanggakan. Perbedaan latar belakang budaya dan kebiasaan para siswa menambah keeratan hubungan diantara seluruh warga sekolah. Masa ini adalah waktu yang tepat untuk membangun ikatan pertemanan yang kuat, menumbuhkan sikap toleransi antar sesama, dan mengeksplorasi cita-cita yang ingin diraih. Kami menyadari bahwa di usia ini adalah masa emas bagi pembentukan karakter para siswa. Ingin tahu bagaimana kami mengelola pendidikan untuk tingkat SMP? Mari kita intip informasi dari sekolah para kampiun.”
Setiap tahun kami menerima 40 siswa dari seluruh daerah di Indonesia melalui 5 tahap seleksi yang sangat ketat. Daya tamping maksimal siswa kelas 1, 2, dan 3 adalah 120 anak dengan rentang usia antara 11 – 15 tahun.
Sistem Belajar Kelas

Kami menerapkan sistem Moving Class dengan membagi ruangan sesuai dengan jenis mata pelajaran. Moving Class dimaksudkan untuk memberikan penyegaran suasana pada saat siswa berpindah dari 1 mata pelajaran ke mata pelajaran lain, menghadirkan nuansa bidang studi di setiap kelas, serta sesuai dengan prinsip islam dalam mencari ilmu yaitu murid yang mendatangi guru untuk belajar.

Kami memiliki 6 rombongan belajar dimana setiap level dibagi menjadi 2 kelas. Setiap rombongan belajar dikepalai oleh 1 ketua kelas dan 1 walikelas. Perlengkapan ajar yang tersedia didalam ruangan berupa 1 set LCD Proyektor, 2 papan display (soft board), 2 lemari arsip guru, 1 lemari ceruk ilmu, 1 perangkat computer dan koneksi internet. Kami menggunakan kursi yang tipis dan ringan agar memudahkan penataan ruang belajar dan memungkinkan untuk diubah posisi secara cepat. Papan display yang menggambarkan identitas kelas selalu terpampang diluar ruangan.

Jadual KBM

Kegiatan belajar mengajar (KBM) disekolah, kami lakukan selama 5 hari dalam 1 pekan. Setiap hari para siswa menempuh 10 jam pelajaran dengan durasi 35 menit/ 1 jam pelajaran. Istirahat dilakukan selama 2 kali pada pukul 09.50 – 10.05 WIB dan 12.00 – 13.00 WIB untuk ibadah dan makan siang. Untuk mata pelajaran yang bersifat muatan lokal semisal Al Qur’an dan Bahasa Arab, maka kami ajarkan  pada malam hari setelah makan malam.

Seragam Siswa

SMART Ekselensia Indonesia memiliki 4 jenis seragam yang wajib dipakai pada saat belajar disekolah. Seragam tersebut meliputi seragam putih-biru, seragam batik, seragam pramuka, serta baju koko.

smp1 smp4