Semangat Baru Ujian Nasional

Ujian Nasional (UN) merupakan salah satu faktor yang menentukan kelulusan siswa sekolah menuju jenjang yang lebih tinggi. Perkembangan zaman yang selama ini terus terjadi menjadi sebuah tantangan baru untuk membentuk generasi yang terbaik. Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hadir sebagai inovasi baru untuk menjawab tantangan perkembangan zaman dalam dunia pendidikan saat ini.

UNBK merupakan UN yang dilakukan siswa sekolah menengah dengan menggunakan salah satu teknologi yaitu komputer sebagai tempat mengisi soal selain kertas. Kegiatan ini  rencananya akan digelar pada saat waktu yang bersamaan dengan UN berbasis kertas atau paper basic test (PBT). Setiap sekolah yang ingin menyelenggarakan UNBK harus memenuhi berbagai persyaratan sebelum menyelenggarakan ujian ini. Mulai dari kesiapan kualitas perangkat UN (komputer dan server), tenaga ahli yang berpengalaman dan pastinya kesediaan sekolah sendiri untuk menyelenggaarakan UNBK ini.

Banyak kekhawatiran yang dialami oleh siswa dan guru mengenai pelaksanaan UNBK ini. Pertama, mulai dari tidak siapnya tenaga ahli untuk mempersiapkan UNBK. Kedua, banyaknya siswa merasa khawatir dalam pelaksanaan UNBK tidak dapat kembali ke soal sebelumnya telah dilewati. Ketiga, minimnya jumlah komputer di sekolah yang memadai untuk digunakan dalam pelaksanaan UNBK. Kekhawatiran semakin bertambah dengan masalah yang hadir saat pelakasanaan UNBK, yaitu komputer yang  dapat tiba-tiba mati ditengah pelaksanaan UNBK. Hal tersebut berimbas pada jawaban siswa yang menjadi hilang.

Belajar dari pengalaman dan hasil UNBK sebelumnya, saat ini kekhawatiran dalam pelaksanaan UNBK terus dibenahi. Dalam hal sarana prasarana, yaitu komputer dan server telah dipersiapkan dengan matang serta siap untuk menanggulangi permasalahan yang terjadi dalam pelaksanaan UNBK. Kedua, siswa-siswa telah menjalani serangkaian uji coba untuk mempersiapkan mental dan kepahaman dalam melaksanakan UNBK ini. Ketiga, UNBK juga mampu mengefektifkkaan waktu dalam Ujian Nasional seperti membulatkan jawaban yang dianggap cukup menghabiskan banyak waktu. Terakhir, pelatihan para tenaga ahli yang dibutuhkan dalam pelaksanaan UNBK diharapkan mampu menjawab permasalahan teknis dalam pelaksanaan UNBK.

Dengan penyelenggaran UNBK, sekolah akan semakin maju dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.  Saat ini penyelengaraan  penyelenggaraan UNBK masih cukup jarang di seluruh nusantara. Hal ini menjadikan sekolah yang menyelenggarakan UNBK semakin unggul dan diharapkan menjadi percontohan bagi sekolah lain untuk melaksanakan UNBK. Sehingga dapat tercipta peningkatan mutu pendidikan untuk menciptakan generasi emas Indonesia 2045 (SR).