Serunya Field Trip Al Fikri ke SMART Ekselensia Indonesia

p_20161011_085121

Suara alat perkusi yang dimainkan Tim Trash Music (TRASHIC) membahana keseluruh bangunan sekolah. Sahut menyahut, saling timpal, dengan nada yang sudah sangat kami kenal. Jika terdengar alat perkusi Tim TRASHIC dimainkan di sekolah, biasanya karena dua alasan. Pertama, mereka sedang latihan untuk lomba atau akan tampil disebuah acara; kedua, ada tamu spesial yang datang ke sekolah kami. Nah tebakanmu benar, kali ini tim TRASHIC  tampil karena ada tamu spesial yang datang ke SMART.

 “Wah memang siapa sih tamu spesialnya?”

Sabar sabar, sebelumnya kami ceritakan dulu sedikit ya perihal tamu spesial ini. Jadi  pihak sekolah telah menginfokan kepada kami bahwa SMART akan kedatangan Sekolah Menengah Pertama Islam Fitrah (SMPIF) Al Fikri dalam rangka field trip. Sebagai organisasi tertinggi di SMART, OASE (Organisasi Akademika SMART Ekselensia), didapuk menjadi punggawa kegiatan yang diadakan kemarin (Selasa (11/09)) di Aula Al-Insan SMART. Maka tak heran jika seminggu terakhir kami sibuk mempersiapkan berbagai hal seperti menyiapkan aula, memantau latihan tim TRASHIC (Trash Music), melatih para Liaison Officer (LO) agar maksimal menjadi representatif SMART, sampai membantu panitia guru menyiapkan rundown acara. Semua kami lakukan demi menyambut kedatangan para tamu spesial ini. Kami senaaaaang sekali.

***

Waktu menunjukkan pukul 08.45 WIB, kami menanti kedatangan tamu spesial di depan Ruang Guru. Beberapa panitia menampilkan wajah cemas, mungkin khawatir tamu tak jadi datang, namun semburat lega terpancar tatkala dua buah bus besar memasuki halaman sekolah. Wajah mereka seolah berkata, “ah yang kami tunggu datang juga”. Satu persatu peserta Field Trip Level 8 SMPIF Al Fikri keluar bus yang serupa raksasa berjalan, mereka bersorak sorai kegirangan. Awalnya kami sempat heran namun memaklumi, mungkin hari ini telah mereka nanti-nantikan, sama seperti yang kami rasakan. Kami menyambut mereka dengan penuh suka cita melalui pengeras suara dan mereka kembali bersorak sambil bertepuk tangan, langsung saja para tamu spesial ini kami arahkan ke aula karena acara dimulai pukul 09.00 WIB.

Sesampainya di aula para peserta field trip disambut tim acara yang mengarahkan mereka untuk menempati tempat yang telah disediakan. Setelah semua berkumpul kami memulai acara dengan mengucapkan selamat datang kepada siswa siswi SMPIF Al Fikri Depok, ketika suasana sudah kondusif kami semua mendengarkan sambutan dari pihak SMART serta pihak Al Fikri. Pak Syafei, GM Sekolah Model, dalam sambutannya menyampaikan betapa bahagianya bisa mendapatkan kunjungan dari teman-teman Al Fikri, beliau berharap ada pelajaran yang bisa kami dan mereka ambil dari kunjungan ini.

Para peserta nampak mengangguk anggukan kepala tanda setuju, kami juga melakukan hal yang sama.

“Kami senang sekali bisa berkunjung ke SMART, pun kami berharap jika field trip kali ini akan memberi kesan dan menginspirasi siswa siswi kami agar dapat belajar kehidupan sosial dan menjadi pemimpin di masa depan,” terang ibu Lia, guru SMPIF Al Fikri.

Para peserta yang berjumlah 62 orang mengikuti beragam agenda yang panitia adakan, seluruh peserta nampak sangat antusias mengikuti jalannya acara, beberapa bahkan sangat penasaran dengan SMART dan kegiatan di dalamnya. Untuk menghilangkan rasa penasaran mereka kami memutar video profil SMART yang kemudian diteruskan dengan presentasi tentang SMART oleh Muhammad Rofiq, Presiden OASE terpilih periode 2016/2017.  Setelah menjelaskan seputar SMART dan kegiatan di dalamnya secara detil, Rofiq dibrondong pertanyaan dari para peserta, walau sedikit kelabakan namun ia bisa menjawab dengan baik.

***

“Para peserta harap berkumpul sesuai kelompok yang telah ditentukan,” ujar Hafiz, sang pembawa acara. Tanpa ba bi bu para peserta mengikuti arahan Hafiz untuk berkumpul sesuai kelompok, para peserta sengaja dikelompokkan karena siang itu mereka akan berkeliling SMART. Ada tiga kelompok yang akan diarahkan ke berbagai titik kegiatan di lingkungan SMART, selama 30 menit secara bergantian mereka akan berpindah dari satu titik ke titik yang lain. Titik pertama yakni Kegiatan Belajar Mengajar di ruang kelas SMART, para siswa siswi Al Fikri akan merasakan serunya belajar dengan cara kami; Titik kedua, Kegiatan di Asrama, para siswa siswi Al Fikri melakukan kunjungan ke asrama sekaligus mencoba menjadi anak asrama dengan melakukan berbagai kegiatan khas Asrama SMART; Titik ketiga, Workshop TRASHIC, di titik ini para siswa siswi Al Fikri akan berlatih memainkan intsumentalia perkusi khas TRASHIC yang dipandu langsung oleh Tim TRASHIC.

“Aduh aku senang sekali, aku selama ini menganggap botol bekas ya hanya sekadar botol saja, tapi ternyata bisa jadi alat musik yang enak didengar dan penuh semangat, TRASHIC keren” ucap seorang peserta kegiatan Workshop TRASHIC riang.

Semua titik kegiatan telah didatangi dan semua kegiatan ditiap titik telah selesai dilakukan, kami kembali mengarahkan para peserta ke aula untuk mengikuti kegiatan selanjutnya yakni Berbagi Cerita. Pada sesi ini para siswa siswi Al Fikri saling berbagi pengalaman masing-masing terutama seputar kegiatan yang telah dilaksanakan, sedangkan kami bercerita seputar pengalaman kami berjuang jauh dari orangtua dan tinggal di asrama dengan segala keterbatasan yang ada. Di sesi ini banyak hal hebat tercurahkan dari teman-teman baru kami, dan berbagi pengalaman seperti ini sangat membuka mata kami akan kehidupan siswa dari sekolah lain yang ternyata menarik.  Alhamdulillah pengalaman baru lagi.

Sesi demi sesi, agenda demi agenda telah terlewati, sampai juga kami di kegiatan teakhir yakni penampilan seni dari SMART dan penampilan seni siswa siswi Al Fikri. Kami mendapatkan giliran pertama untuk tampil, kami bertekad untuk tampil maksimal, tanpa malu-malu, dan harus keren. Kami membawakan sebuah lagu klasik dengan iringan gitar akustik, biola, dan pianika, tak disangka sambutannya sungguh meriah. Namun penampilan seorang siswa Al Fikri mampu merebut hati kami seketika dan membuat kami terpukau, ia mampu memainkan musik klasik menggunakan keyboard dan setiap nada dimainkan dengan presisi. Hebat! Semoga suatu hari kami bisa berkolaborasi dengannya.

***

Kemarin menjadi pengalaman yang sangat hebat untuk kami, kami belajar banyak dari kunjungan siswa siswi Al Fikri. Kami semakin semangat untuk belajar lebih giat lagi lagi dan lagi, kenapa? Karena kami sadar jika tak belajar sungguh-sungguh maka kami akan tertinggal dari yang lain. Terima kasih teman-teman Al Fikri, terima kasih telah berkunjung ke SMART. Kami tunggu kedatangan kalian selanjutnya ya. (AR)

 

p_20161011_100704 p_20161011_100004 p_20161011_092300 p_20161011_085208 p_20161011_084214

p_20161011_084106 p_20161011_084123 p_20161011_084149 p_20161011_085140 p_20161011_100217 p_20161011_100446