,

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah di SMART Tak Terlupakan

Serunya Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah di SMART

Sebuah awal baru, tempat baru, dan suasana baru tentu membutuhkan proses adaptasi. Begitu pun dengan lingkungan sekolah. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) menjadi sarana proses adapatasi siswa baru terhadap lingkungan sekolahnya.

Bagaimana dengan di SMART?

Tentu sebagai salah satu sekolah yang berada di bawah Diknas, SMART menjalankan MPLS sebagai menu pembuka tahun ajaran baru bagi siswa-siswa barunya.

Sebagai sekolah berasrama yang terdiri dari jenjang SMP-SMA tentu siswa baru di SMART adalah lulusan dari SMP SMART sendiri. Lantas untuk apa diadakan MPLS jika siswa-siswanya telah mengenal lingkungannya sendiri?

Selain sebagai kegiatan refreshing pikiran setelah liburan pulang kampung selama hampir 2 bulan, MPLS tahun 2019 ini juga menjadi ajang perkenalan siswa baru. Yup, tahun 2019 menjadi edisi perdana SMART membuka pendaftaran siswa SMA dari luar sehingga siswa lama yang notabenenya lulusan SMP SMART mendapatkan teman-teman baru.

Alasan penting lainnya adalah sistem pembelajaran yang berbeda. Hal ini dikarenakan SMA SMART Ekselensia menerapkan program SKS sehingga pengenalan program tersebut penting untuk dilaksanakan.

Diawali dengan pengenalan profil sekolah menggenai seluk-beluk direksi kepemimpina sampai kegiatan ekstrakulikuler. MPLS 2019 melakuka start di hari Selasa, 16 Juli 2019. Dilanjutkan dengan materi literasi yang membuka cakrawala pengetahuan bahwa literasi bukan hanya tentang baca dan tulis tetapi juga tentang bagaimana cara berpikir kritis.

Sejalan dengan kurikulum 2013 yang mengedepankan pendidikan karakter. MPLS 2019 juga menghadirkan materi-materi pendidikan akhlak seperti kedisiplinan dan adab-adab belajar seperti halnya takzim kepada guru.

Wawasan kebangsaan disampaikan dengan materi kesatuan dan persatuan di  era disrupsi tentang bagaimana menjaga, membangun dan memperbaiki persatuan dan kesatuan di tengah keterbukaan data dan menjaga keimanan di tengah kemaksiatan yang merajalela.

Tak hanya kegiatan indoor saja. MPLS 2019 juga terintegrasi dengan kegiatan kepramukaan. Sehingga kegiatan menjelajah menjadi salah satu kegiatan seru yang hadir di MPLS termasuk yel-yel kreatif dari setiap kelompok yang membuat MPLS semakin berwarna.

Dengan semangat REKONSTRUKSI PERADABAN. MPLS menjadi gerbang untuk menjawab pertanyaan perjuangan apa yang akan kamu lakukan untuk Indonesia.