,

Serunya Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMART

Serunya Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMART

 

Bukan bagian dari umat kami kecuali dia yang tua menyayangi yang muda dan yang muda menghormati serta menghargai yang tua”.  Begitulah inti dari hadis nabi yang disampaikan kepala sekolah kami, Pak July Siswanto pada apel pagi Senin lalu. Sebagai punggawa tertinggi di SMART Ekselensia Indonesia beliau memiliki kewajiban untuk mengingatkan kami, para siswanya, agar saling menghargai. Apalagi sekarang SMART kedatangan banyak personel baru.

***

Senin, 16 Juli 2017 – Pagi itu begitu indah. Selagi berangkat ke sekolah kami melihat sejumlah siswa berbaris rapi di depan masjid. Mereka mengenakan seragam kebangsaan SMP (karena mereka saat ini belum diizinkan memakai seragam SMA sebelum MPLS selesai), tetapi ada yang membedakan yakni mereka juga mengalungkan nametag (terbuat dari kardus bekas) dengan beragam tulisan unik. Ah sepertinya baru kemarin kami merasakan libur panjang di asrama, tiba-tiba saja hari ini kami sudah masuk sekolah lagi. Oh iya, beberapa hari lalu, SMART kedatangan empat puluh siswa baru yang datang dari berbagai provinsi di Indonesia lho. Keempat puluh siswa baru tersebut resmi menjadi Angkatan 15 SMART Ekselensia Indonesia.

SMART Ekselensia Indonesia

Alhamdulillah di tahun ajaran baru ini kami telah duduk di kelas yang baru, adik-adik kelas Angkatan 15 juga akan merasakan kehidupan di SMART yang seru. Layaknya budaya di sekolah lain, di SMART saat ini sedang digelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) lho. MPLS sendiri dilaksanakan setiap tahun ajaran baru dimulai, peserta MPLS ditujukan hanya untuk mereka yang duduk di Kelas IV dan Kelas I saja. Selama tiga hari  para peserta akan mengikuti berbagai kegiatan yang akan membuka wawasan seputar SMART.

 

SMART Ekselensia Indonesia

Oh iya, tahu tidak kalau MPLS tahun ini dipegang oleh siswa lho. Pelaksanaan MPLS khusus Kelas I dipegang siswa kelas III, dan pelaksanaan MPLS kelas IV dipegang siswa-siswa dari kelas V. Tenang saja pergerakan kami diawasi langsung oleh para guru kok Sob.

 

SMART Ekselensia Indonesia

Sejak hari pertama MPLS kami sangat senang melihat antusiasme para peserta, terutama adik-adik Angkatan 15. Mungkin karena ini pengalaman pertama mereka melaksanakan MPLS sehingga terlihat sangat serius, wajah tegang nampak jelas di wajah mereka, namun semangat mereka luar biasa. Pun para peserta Kelas IV memperlihatkan hal serupa walau mereka telah di SMART selama beberapa tahun. Kami sangat berharap kegiatan ini akan menguatkan rasa cinta para siswa SMART dengan cara yang menyenangkan.

SMART Ekselensia Indonesia

Selamat menempuh tahun ajaran baru ya! Semangat di kelas untuk Kelas IV dan semangat menikmati sekolah baru ya Kelas I. Yuk bahu membahu membuat SMART semakin  berprestasi. (AR).