Sob walau banyak PR dan tugas sekolah lainnya jangan sampai lupa untuk meluangkan waktu menghafal Al-Qur’an. Nah kalau kamu bingung harus memulai dari mana, siapa tahu uraian di bawah dapat membantu kamu menghafal:

  1. Mulailah menghafal dari Juz 30 atau juz 29 atau juz 28, setelah itu silahkan mulai dari Juz 1 dan seterusnya.
  2. Gunakan Mushaf Al-Qur’an Huffadzh, yakni Alquran cetakan standar international, di mana setiap juz-nya rata-rata terdiri dari +/- 10 lembar (20 halaman; di mana setiap halaman maksimal terdiri dari 15 baris), usahakan istiqamah dengan satu mushaf, tapi bukanlah alasan untuk tidak menghafal ketika suatu ketika lupa membawa mushaf, tetaplah menghafal meski dengan mushaf yang berbeda, ini hanya untuk lebih memudahkanmu dengan sebuah kebiasaan.
  3. Persiapkan diri dengan mengatur 5 waktu khusus untuk menghafal dalam sehari, dan kami sangat menyarankan bahwa waktu tersebut adalah setiap kita selesai menunaikan salat wajib.
  4. Jika kamu memiliki media yang memungkinkan untuk membantu seperti gawai, MP3/MP4 Player atau apa saja yang dilengkapi dengan fasilitas recorder & playback maka gunakanlah media tersebut, rekam suara (bacaan) Haqers pada media tersebut agar bisa mendengarnya di setiap kesempatan sebelum tiba waktu selanjutnya. Kegiatan ini sebagai media muraja’ah dengan pendengaran sekaligus melatih telinga kita untuk terbiasa 
  5. Gunakan kesempatan Qiyam Al Layl sebagai waktu tambahan untuk memuraja’ah hafalan-hafalanmu.   Kami doakan semoga kamu bisa selalu istiqmah dalam menghafal Al-Qur’an di tengah kesibukan saat ini, aamiin.