Rasa bahagia tak dapat disembunyikan Rotua Rahmad Rajana Soleh, siswa SMART Ekselensia Indonesia asal Bogor, saat mengetahui dirinya berhasil menyabet juara kedua dalam kompetisi esai di ajang International Zakat Education Festival (IZE Fest) 2020. Acara bergengsi ini merupakan perhelatan tahunan hasil kerjasama antara Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan SAM Hulu Langat Malaysia.

 

Rotua, panggilan akrabnya, saat ini duduk di kelas 5 IPS, menurutnya Indonesia dihadapkan pada berbagai tantangan global, kondisi ekonomi, dan kesejahteraan sosial yang perlu diperbaiki. Melalui ajang IZE Fest 2020, Rotua ingin mengembangkan idenya seputar pemberdayaan kesejahteraan masyarakat melalui zakat.

 

Bersaing dengan 1800 peserta yang berasal dari 270 sekolah dari 4 negara, Rotua telah menggodok ide dan menggarap esainya secara sistematis serta matang, hingga akhirnya ia terpilih mempresentasikan esai beserta video iklan zakat buatannya secara daring pada Senin (26/10) via ZOOM. Rotua menceritakan awal dirinya mengikuti ajang internasional ini, “Saya dapat info dari internet dan dari para guru, bahwa ada lomba yang sesuai dengan passion saya. Meskipun dilaksanakan secara daring namun ada perasaan khawatir, tapi bisa saya tepis dengan berusaha sebaik-baiknya. Bahkan bersaing dengan ribuan peserta dari empat negara membuat saya cukup gelisah”.

 

Kegelisahan tersebut mampu Rotua hilangkan dengan persiapan yang tak main-main, ia harus banyak membaca referensi dan buku untuk memantapkan esainya agar sesuai dengan tema IZE Fest 2020 yakni Be GENIUS, Generous (dermawan), Noble (mulia) dan Religious (keagamaan). Usaha Rotua berbuah manis ketika dinobatkan sebagai juara kedua di ajang internasional ini.

 

“Saya ingin bisa berbuat lebih untuk bangsa Indonesia, saya juga ingin membuat bangga SMART Ekselensia Indonesia, para guru, dan para donatur, yang telah bersedia memfasilitasi saya selama di SMART dalam mencari ragam referensi. Semoga impian saya melalui esai bisa terwujud di masa depan,” pungkas Rotua (AR).