SMART Field Trip Asyik

Kamis (26/11) terasa berbeda. Pagi itu cerah sekali, langit biru, burung-burung saling bersahutan, dan terdengar riuh rendah suara kami dari berbagai sudut lapangan upacara –sampai pak Juli, Kepala Sekolah kami kesal dibuatnya-. Kala itu kami dikumpulkan di sana untuk dibrifing sebelum keberangkatan.

 

Foto 1 Foto 2

 

Eh? Keberangkatan ke manakah? Wah sampai lupa bilang, kami –yang berjumlah 195 orang dari seluruh kelas- dan para guru akan pergi ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) untuk field trip. Ada banyak agenda yang kudu kami ikuti selama field trip kali ini, mulai dari mengunjungi PP-IPTEK, Museum Listrik dan Energi Baru (MLEB) hingga ke Bayt Al-Quran dan Museum Istiqlal. Kami dibrifing terlebih dahulu agar ketika tiba di sana tidak terpencar-pencar, setiap siswa dikelompokkan berdasarkan Small Family* yang biasa kami ikuti tiap Jumat pagi. Setelah brifing dirasa cukup lalu kami berdoa dan berangkat menuju TMII.

 

Foto 3 Foto 4

 

Bismillah, TMII kami datang!

Sesampainya di TMII kami langsung diarahkan ke Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PPIPTEK). Sebelum masuk kami dibrifing –lagi- oleh kakak-kakak punggawa PP-IPTEK. Ia menjelaskan bermacam peraturan yang boleh dan tidak boleh kami lakukan selama di dalam PP-IPTEK. Ketika dipersilakan masuk kami bagai kuda lepas dari kandang, lari ke sana lari ke sini, liar sekali sampai para guru kewalahan namun akhirnya kami dapat mengendalikan diri hehe. Maaf ya bapak dan ibu guru. Kami dibebaskan untuk menjelajah beragam wahana pengetahuan di PP-IPTEK sampai pukul 10.00 WIB, karena setelahnya kami akan menyaksikan film ilmiah di Science Film Festival (SFF) sampai pukul 11.00 siang. Selesai puas menyaksikan film keren di SFF kami lanjut makan siang dan shalat.

 

Foto 5 Foto 6 Foto 6a Foto 6b Foto 6c

 

Banyak hal keren lho Sob yang bisa kamu lihat di TMII, mulai dari anjungan alias rumah adat berbagai daerah di nusantara sampai macam-macam museum, salah satunya Museum Migas yang sayangnya belum rampung dibangun. Bangga sekali deh Indonesia punya TMII. Oke lanjut lagi ya, setelah ishoma kami melanjutkan perjalanan field trip ke Museum Listrik dan Energi Baru (MLEB). Kami takjub karena ternyata ada museum yang khusus untuk listrik dan energi seperti ini, sebelum masuk kami dites dulu Sob. Kami diminta untuk mengerjakan beberapa soal terkait listrik, banyak dari kami yang kebingungan. Pak pemandu juga menantang kami untuk unjuk ekspresi, jika lulus kami boleh masuk. Alhamdulillah lulus jadi kami bisa masuk dengan leluasa dengan syarat tetap bersama pak pemandu. Di dalam pak pemandu mengenalkan kami pada alat pembangkit listrik, turbin yang biasa dipakai untuk menyalakan listrik sampai energi alternatif yang bisa kita gunakan untuk membuat listrik, seru sekali.

 

Foto 7 Foto 8 foto 9 foto 10

 

Namun sayang kami terlalu lama di MLEB sehingga kami tidak bisa melanjutkan perjalanan ke Bayt Al-Quran dan Museum Istiqlal karena keburu tutup, tapi lumayan kami masih boleh masuk untuk shalat dan foto-foto. Puas di Bayt Al-Quran dan Museum Istiqlal kami bersiap pulang ke asrama.

 

Foto 11 Foto 12

 

Field trip kali ini merupakan field trip yang mengasyikkan karena kami bisa belajar berbagai macam hal di luar kelas dan tetap menambah pengetahuan kami, selain itu hubungan kami dengan para guru juga semakin erat . Semoga field trip di tahun tahun mendatang akan lebih juara lagi, aamiin. Sampai jumpa di field trip selanjutnya Sobat SMART!

 

*Small Family merupakan keluarga kecil bentukan para guru SMART Ekslensia Indonesia untuk lebih mendekatkan siswa dan gurunya, kegiatan ini dilakukan setiap Jumat pagi dengan berbagai macam agenda seperti curhat, sharing, masak bareng, nonton, dan masih banyak lagi.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.