Sociopreneur, Sekolah Master, dan Duta Gemari Baca

Oleh: M. Ikram Azzam 
Duta Gemari Baca PSB Makmal Pendidikan
Baru lulus dari SMART Ekselensia Indonesia pada Mei 2017

selfi cover-768x576

Panggil saja saya Azzam, pada 21 Mei lalu saya baru menyelesaikan studi SMA di SMART Ekselensia Indonesia. Bersama dua orang teman lainnya, sudah setahun terakhir saya tergabung ke dalam Duta Gemari Baca bentukan Pusat Sumber Belajar (PSB) Makmal Pendidikan. Banyak kegiatan berbau literasi kami lakukan guna menyadarkan masyarakat akan arti penting membaca dan berliterasi sedini mungkin.

IMG-20170530-WA0006-768x576

Nah pada Minggu (28-05) menjadi hari yang menyenangkan bagi saya dan para Duta Gemari Baca, pasalnya pada hari itu beberapa orang Duta mengadakan kunjungan literasi ke sebuah sekolah dibilangan Kota Depok bernama Sekolah Master. Sekolah Master ialah singkatan dari Sekolah Masyarakat Terminal, sekolah ini merupakan sekolah bentukan dari dana masyarakat yang hanya diperuntukkan untuk orang-orang menengah ke bawah dan anak-anak jalanan.

IMG-20170530-WA0005-768x576

Pada kunjungan kala itu, kami para Duta Gemari Baca mendapatkan kesempatan untuk belajar sociopreneur dari Kak Nana, relawan dan pengembang Sekolah Master. Kak Nana memberikan materi seputar membuat program berbasis kegiatan sosial dan enterpreneurship, kami sangat senang karena bisa belajar langsung dari ahlinya. Besar harapan kami setelah mengikuti kegiatan ini kami tak hanya jago berliterasi, tetapi juga bisa mengembangkan diri dengan melakukan kegiatan sociopreneurship yang kelak berguna dalam pengembangan masyarakat di lingkungan.

IMG-20170530-WA0004-768x576

Kegiatan berbagi ilmu ini dimulai sekitar pukul 08.30 WIB dan bertempat di Ruang Taman Baca Masyarakat (TBM) milik Sekolah Master. Vikram dan Azmi, Duta Gemari Baca yang juga teman satu sekolah, didapuk menjadi MC dan pembaca Quran. Acara terus bergulir hingga sampailah pada sesi diskusi dengan dipandu Kak Eko, Pembina Duta Gemari Baca. Diskusi penuh suka cita dan canda tawa ini berlangsung kurang lebih 3 jam 30 menit, selama kurun waktu tersebut kami banyak melakukan diskusi terbuka bersama Kak Nana.

IMG-20170530-WA0003-768x576

Selain seru, kami mendapatkan banyak hal seperti sejarah berdirinya Sekolah Master, kegiatan Sekolah Master, tantangan yang mereka dihadapi selama menjalankan Sekolah Master, langkah-langkah mengatasi masalah yang menyergap Sekolah Master, sampai cara mengatasi keunikan siswa dan orangtua di Sekolah Master. Setelah sesi diskusi pertama selesai, kami melanjutkan sesi diskusi tahap dua dengan beberapa rentetan pertanyaan dari para Duta Gemari Baca kepada Kak Nana, kami menyimak penjelasan Kak Nana dengan seksama. Suasana diskusi sangat menyenangkan hingga tanpa kami sadari waktu Maghrib telah tiba, kami bergegas berbuka puasa dengan meneguk air putih dan memakan kue lapis, lalu menutup kegiatan dengan foto bersama.

IMG-20170530-WA0002-768x576

Setelah ditutup, kami melaksanakan Salat Magrib berjamaah di masjid terdekat. Setelah itu kami langsung menuju ke sebuah restoran steak untuk makan bersama menu-menu makanan yang tersaji begitu membuat kami lupa diri. Rasanya semua ingin dipesan.

Akhirnya pesanan kami tiba di meja, kami menikmati semua hidangan sembari mendengarkan info terbaru dari Kak Eko terkait pemilihan Duta Gemari Baca 2017 (batch 2). Kami adalah Duta Gemari Baca angkatan 1, menjadi tugas kami untuk membantu mencari dua puluh Duta Gemari Baca batch 2 agar regenerasi hebat terus terjaga. Menjelang malam seluruh rangkaian kegiatan selesai, kami kembali berfoto serta bermaaf-maafan dan melakukan perpisahan mandat tugas sebagai Duta Gemari Baca angkatan 1.

Mau menjadi Duta Gemari Baca angkatan 2 selanjutnya? Kamu bisa langsung membuka laman web Makmal Pendidikan di sini >> http://www.makmalpendidikan.net/yuk-gabung-duta-gemari-baca-batch-2/ dan melengkapi syarat sera ketentuan yang ada di sana. Kami tunggu ya!

Duta Gembaca Batch 2-1-768x1087

Oh iya jangan lupa juga untuk bergabung dan bergandengan tangan bersama Dompet Dhuafa Pendidikan untuk menyalakan pelita harapan anak-anak yang kurang beruntung secara ekonomi melalui program-program pendidikan berkualitas. Salurkan zakat, infak, dan sedekahmu melalui nomor rekening: 2881 2881 26 BNI Syariah a.n. Yayasan Dompet Dhuafa Republika yaaa.