Sportivitas dan Kemenangan nan Anggun

(Laporan O2SN Kabupaten Bogor 2017)

IMG-20170309-WA0000

Firman Sofyan

Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Kabupaten Bogor 2017 usai sudah. Ribuan siswa dari jenjang sekolah dasar sampai sekolah menengah atas dari berbagai kecamatan yang berada di Kabupaten Bogor telah menunaikan tugasnya sebagai atlet dalam puluhan cabang olahraga yang dipusatkan di ibukota Kabupaten Bogor: Cibinong.

O2SN Kabupaten Bogor 2017 diikuti oleh puluhan kecamatan yang berada di wilayah Kabuaten Bogor. Kemang merupakan salah satu kontingen yang selalu mengirimkan atlet-atletnya untuk berkompetisi dalam ajang yang rutin diselenggarakan setiap tahun oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bogor tersebut. Atlet-atlet yang mewakili kontingen Kecamatan Kemang merupakan hasil seleksi yang diselenggarakan di berbagai sekolah yang berada di wilayah Kecamatan Kemang.

Agenda pedana dalam rangkaian O2SN 2017 wilayah Kemang adalah rapat kepala sekolah dan guru olahraga di UPT Kec. Kemang pada hari Kamis, 26 Januari 2017. Agenda berikutnya adalah pembukaan O2SN tingkat kecamatan yang dilaksakan pada hari Senin, 6 Februari 2017.

Seleksi atlet dilaksanakan tanggal 7 sampai 12 Februari 2017 di beberapa sekolah yang berada di komisariat Kemang. Marsudirini menjadi tuan rumah pertama seleksi untuk cabang olahraga basket pada tanggal 7 Februari 2017. SMART Ekselensia menjadi tuan rumah untuk seleksi pencak silat dan atletik pada tanggal 10 dan 11 Februari 2017. SMPN 1 Kemang menyediakan ruangan untuk menyeleksi atlet catur pada tanggal 8 Februari 2017. Madania menjadi tuan rumah terbaik dengan menyediakan empat arena olahraga, yaitu renang, bulu tangkis, tenis meja, dan tenis lapangan yang diselenggarakan selama tiga hari, yakni 7 hingga 9 Februari 2017. Ummul Quro pun turut menjadi tuan rumah saat menyelenggarakan seleksi cabang taekwondo pada tanggal 12 Februari 2017. Seleksi terkahir, cabang olahraga karate, diselenggarkan di SMPN 2 Kemang pada tanggal 13 Februari 2017.

IMG-20170309-WA0002 IMG-20170309-WA0001 IMG-20170309-WA0005

Sebanyak delapan siswa SMART Ekselensia Indonesia berhasil menjadi juara pada delapan cabang olahraga sekaligus menjadi perwakilan (atlet) Kec. Kemang. Mereka adalah Agil Munawar (catur SMP), Najib Nur Rahman (pencak silat), M. Raihan Azmi (lompat jauh SMA), Arif Difen Saputra (tenis meja SMA), M. Fahmi Ammar (catur SMA), M. Jordie Saputra (tolak peluru SMA), Rifandi Iyada (lempar lembing SMA), dan Rizky Gunawan (bulu tangkis SMA). Atlet-atlet dari siswa SMART Ekselensia akan bahu-membahu dengan atlet dari sekolah lain yang mewakili Kec. Kemang guna menjadi juara dalam ajang O2SN Kabupaten Bogor 2017.

Sebelum bertanding, para atlet dari seluruh Kabupaten Bogor dipertemukan terlebih dahulu pada acara pembukaan O2SN Kabupaten Bogor 2017 yang diselengggarakan pada hari Senin, 27 Februari 2017. Pembukaan tahun ini berlangsung cukup meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya. Selain karena jumlah atlet yang lebih banyak, pembukaan pun dilaksanakan di salah satu stadion internasional yang dimiliki Indonesia, yaitu Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor.

Cabang olahraga sepak bola tingkat sekolah dasar mengawali seluruh pertandingan. Sepak bola SD dilaksanakan tepat setelah upacara pembukaan O2SN Kabupaten Bogor 2017. Pertandingan tersebut juga dilaksanakan di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor. Sungguh sebuah kebanggan bagi para atlet cilik tersebut. Semoga kelak terlahir pemain-pemain sepak bola andal dari ajang tersebut.

Cabang olahraga lainnya, khususnya untuk tingkat SMP dan SMA, dimulai tanggal 1 Maret 2017. Arif Difen Saputra menjadi atlet pertama dari SMART Indonesia yang bertanding dalam cabang olahraga tenis meja tingkat SMA. Pertandingan diselenggarakan di GOR Panawungan, Cibinong. Hasilnya, sungguh di luar dugaan. Difen, begitu biasanya atlet tersebut disapa, berhasil menjadi juara alias peringkat pertama. Atet kelahiran padang tersebut berhasil mengalahkan lawannya dari Kec. Caringin dalam pertandingan ketat sekaligus mempersembahkan medali emas pertama untuk kontingen Kec. Kemang.

Najib Nur Rahman, atlet kelahiran Medan, menjadi atlet paling sibuk karena harus bertanding selama tiga hari, dari tanggal 3 hingga 5 Maret 2017. Perjuangan Najib tidak sia-sia. Siswa pendiam ini berhasil meraih peringkat ketiga dan berhak mendapatkan medali perunggu setelah bertanding dengan maksimal di GOR Parung. Hasil yang sangat baik bagi siswa yang baru pertama kali berlatih pencak silat ini.

Pada tanggal yang sama, 3 Maret 2017, atlet catur Kemang, Agil Munawar, harus memutar otak guna mengalahkan lawan-lawannya dalam cabang olahraga catur yang diselenggarakan di SKB Karadenan, Cibinong. Setelah beertanding selama enam babak pada tanggal 3 dan 4 Maret, Agil belum berhasil menjadi yang terbaik dalam olahraga otak ini. Akan tetapi, ketenangan dan ketelitiannya patut diacungi jempol. Apalagi, kebanyakan lawan Agil merupakan atlet catur dari berbagai sekolah catur yang berada di Jabodetabek.

GOR 88 Cikaret menjadi tempat dipertandingkannya bulu tangkis tingkat SMA pada tanggal 4 Maret 2017. Rizky Gunawan berjuang mengeluarkan segala kemampuannya untuk menjadi The Next Taufik Hidayat. Akan tetapi, perjuangan maksimalnya harus dikalahkan stamina yang kurang mendukung. Atlet kelahiran Bandung ini harus mengakhiri pertandingan pada babak 16 besar setelah kalah dalam pertarungan rubber game dari lawannya. Hasil yang juga tentu perlu diapresasi mengingat Rizky baru mulai berlatih bulu tangkis lagi setelah menjalani operasi pada tangan kirinya.

Tiga atlet atletik harus kembali ke Stadion Pakansari pada tanggal 7 Maret 2017. Mereka adalah M. Raihan Azmi untuk cabang lompat jauh, M. Jordie Saputra untuk cabang tolak peluru, dan Rifandi Iyada dalam cabang lempar lembing. Dua nama terakhir harus puas berada di posisi keempat. Adapun nama terakhir akhirnya berhasil merebut medali perunggu alias peringkat ketiga. Hasil yang cukup baik untuk cabang atletik apalagi Raihan Azmi dan Rifandi merupakan siswa kelas VIII SMP yang memilih untuk menjadi atlet tingkat SMA.

Atlet pamungkas dari SMART Ekselensia yang mewakili Kec. Kemang adalah M. Fahmi Ammar. Sama seperti Agil, Fahmi pun berlomba dalam cabang olahraga otak, yaitu catur, namun untuk tingkat SMA. Setelah melaksanakan perjalanan bolak-balik ke SKB Karadenan selama dua hari tanpa pendamping, pembimbing, bahkan pelatih, Fahmi akhirnya harus puas menggenggam medali perak. Asa mendapatkan emas dikandaskan oleh atlet dari kecamatan lain yang sepertinya pernah menjadi juara catur untuk tingkat provinsi. Terim kasih Fahmi atas sportivitas dan perjuangan tak kenal lelahmu.

IMG-20170309-WA0004

Dengan demikian, tahun ini, SMART Ekselensia Indonesia berhasil meraih total 4 medali, 1 medali emas, 1 medali perak, dan 2 medali perunggu. Jumlah yang lebih baik dibanding tahun sebelumnya yang “hanya” mendapatkan dua medali. Namun, secara kualitas, raihan medali tahun ini masih di bawah tahun lalu yang seluruhnya adalah emas. Kendati demikian, perjuangan dan sportivitas seluruh atlet SMART Ekselensia yang mewakili Kec. Kemang tetap harus diafirmasi dan diapresiasi.

IMG-20170309-WA0003

Semoga raihan medali tahun ini menjadi pemicu para siswa SMART Ekselensia untuk terus mengukir prestasi dalam bidang apa pun. Semoga bisa menjadi motivasi bagi adik-adik kelas untuk menjadi pemenang dan juara dengan cara yang anggun. Anggun seperti tetesa embun.