Taman Baca BIndo SMART

Oleh: Aldi

 

Pada Minggu (15/05) Kelompok Bahasa Indonesia SMART Ekselensia Indonesia menggelar acara Peresmian Taman Baca Bindo SMART di Inkopad, Arco, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Mengusung tema “Transfer Ilmu Lewat Buku” acara yang dihadiri oleh puluhan tamu undangan dan peserta dan dimulai pukul 08.00 WIB ini dibuka oleh bu Yati selaku Pembina Acara dan juga oleh pak Imron selaku pemilik Yayasan Islam Ashabul Kahfi Madani. Acara yang bertujuan untuk meningkatkan minat membaca anak juga untuk mengembangkan kecintaan anak akan buku terutama buku yang ada di perpustakaan ini mengambil lokasi di wilayah Inkopad. Kenapa Inkopad? Karena dewasa ini membaca buku sudah menjadi hal yang dianggap tak menarik di sana, padahal membaca buku sangat bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan anak.

Setelah sambutan-sambutan, kami melakukan Ice breaking terlebih dahulu agar peserta tidak bosan. Setelah itu kami melakukan peresmian perpustakaan dengan menggunting pita sebagai tanda bahwa perpustakaan ini sudah dibuka, para peserta dipersilakan untuk masuk perpustakaan untuk melihat-lihat. Nah, lanjut ke acara inti yaitu dongeng yang  diceritakan  oleh kak Dian. Kak Dian mendongeng tentang kura-kura yang terkena musibah, penampilan sangat menghibur peserta karena kak Dian sangat ekspresif. Setelah sesi mendongeng selesai kami mengadakan lomba membaca puisi dan lomba bercerita, ternyata peserta membaca puisi lebih banyak daripada bercerita akhirnya panitia memutuskan 4 pemenang dari lomba membaca puisi dan 2 pemenang dari lomba bercerita. Waah seru sekali pokoknya. Sebelum pulang para peseta pun mendapatkan goodybag yang berisi beberapa buku, dengan begitu berakhirlah acara peresmian perpustakaan. Kami berharap semoga kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat. Kami merasa bahagia karena acara berlangsung dengan baik.

Sebelum acara ini terealisasi, proses yang kami lalui cukup melelahkan namun menyenangkan. Layaknya seorang profesional kami harus membuat konsep, membuat alur kerja yang mumpuni dan juga membuat proposal yang sistematis. Setelah beberapa proses dan pengajuan serta presentasi proposal ke Master Clean Laundry, BNI Syariah, PSB (Pusat Sumber Belajar) Makmal Dompet Dhuafa,  Brimob Kedung Halang, Asuransi Takaful, dan Nurul Fikri akhirnya kami mendapatkan tiga lemari buku dan empat kardus buku serta fresh money yang dapat kami gunakan untuk mengisi perpustakaan.