Tjokroaminoto dan Kacamata Impian

foto-1-dan-cover

Tahukah kamu kalau hari ini diperingati sebagai Hari Pahlawan? Hari Pahlawan diperingati setiap tanggal 10 November agar kita, terutama generasi muda, terus ingat akan jasa dan perjuangan para pahlawan yang memerdekakan Indonesia.

Untuk memeringati Hari Pahlawan ada dua kegiatan yang dilaksanakan di SMART. Yang pertama kegiatan Nonton Bareng (nobar) film “Guru Bangsa Tjokroaminoto” yang diadakan di Ruang Audio Visual Pusat Sumber Belajar (PSB) Makmal Pendidikan. Nobar ini dihadiri 40 orang peserta yang datang dari beberapa sekolah seperti SMP Berbasis Pesantren FAI UMJ Bogor dan lain sebagainya, nah kegiatannya sendiri berlangsung hingga sebelum Zuhur.

foto-2

foto-3

Selain nobar kami juga diajak untuk membedah film ini secara gamblang lho, tujuannya jelas agar kami lebih mengenal sosok guru para pemimpin besar di Indonesia ini. Sekadar informasi untukmu, Tjokroaminoto merupakan pendiri sekaligus ketua pertama organisasi Sarekat Islam, ajaran serta didikannya melahirkan beberapa tokoh nasional seperti Kartosuwiryo, Muso Alimin, dan Sukarno. Ia meninggal pada 17 Desember 1934 di usia 52 tahun, Tjokroaminoto hingga saat ini dikenal sebagai salah satu pahlawan pergerakan nasional yang berbasiskan perdagangan, agama, dan politik nasionalis berpengaruh.

foto-4

Semoga perjuangan dan semangat Tjokroaminoto menggerakan pemuda di Indonesia dapat kita contoh dan teladani ya.

“Nobar film ini seru sekali karena kami semakin paham betapa beratnya menggerakan pemuda. Selain itu nobar kali ini mengasyikkan karena banyak hadiahnya,” ujar Bobi, kelas XII IPA.

foto-5

Selesai nobar ada tugas menanti kami untuk menjabarkan dan mendeskripsikan setiap detil film di secarik kertas. SEMANGAT!

foto-6

Sementara itu -di saat yang bersamaan- di Ruang Abu Bakar Syidiq SMART sedang berlangsung kegiatan kedua yakni Pemeriksaan Mata dan Donasi Kaca Mata untuk seluruh siswa SMART Ekselensia Indonesia yang diadakan oleh MNC TV bekerjasama dengan Dompet Dhuafa Pendidikan. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian peringatan HUT MNC TV ke-25, sebanyak 350 buah kacamata disiapkan oleh MNC TV dan Essilor Optik.

foto-7

foto-8

foto-9

Untuk kamu ketahui, ada 10 refraksionis yang hadir untuk memeriksa mata 280 siswa SMART. Oh iya selain siswa SMART, seluruh guru dan karyawan Dompet Dhuafa Pendidikan juga mendapatkan kesempatan melakukan periksa mata juga, WOW Alhamdulillah.

foto-10

“Makanan yang sehat seperti buah dan sayur harus disukai oleh adik-adik karena penting untuk kesehatan mata kita,” pesan kak Win dari Essilor Indonesia pada kami. “Selain menjaga makanan sehat, yang kedua adalah jeli mengetahui bahwa mata kita sudah lelah. Jika mata dirasa telah lelah, harus diistirahatkan. Adapun caranya adalah beragam, bisa dengan mengganti pandangan dari yang awalnya melihat dekat diistirahatkan dengan melihat jauh. Begitu pula sebaliknya. Atau dapat juga dengan istirahat seperti tidur ringan. Tips sederhana merawat mata yang berikutnya adalah menyadari pentingnya cahaya. Hindari membaca dalam gelap dan membaca terlalu dekat,” tambahnya. Kami manggut-manggut seraya menuliskan tips yang diberikan kak Win tersebut.

foto-11

Kami bersyukur karena akhirnya bisa memiliki kacamata impian yang pas dengan kondisi mata kami saat ini, terima kasih banyak MNC TV dan Essilor Optik.

foto-12

Ini merupakan Hari Pahlawan terbaik yang pernah kami ikuti. Kami makin semangat untuk bermimpi lebih besar, doakan kami semoga di masa depan kami bisa menjadi orang yang mampu menebar kebaikan serta manfaat untuk orang banyak dan menjadi pemuda yang mampu mengangkat juga mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Aamiin.

Sekali lagi, selamat Hari Pahlawan! Tetap semangat untuk belajar ya. (AR)