UAS Sudah Di Depan Mata, Jendral!

Kemarin malam suasana kamar asrama terasa sepi, padahal biasanya ramai luar biasa. Para penghuni kamar terpekur di buku masing-masing, tanpa suara, membisu seakan lidah mereka kelu. Tapi aku juga melakukan hal yang sama, tak ada bedanya.

Aku baru ingat kalau selama lima hari ke depan kami akan berhadapan dengan Ujian Akhir Semester (UAS) alias #UASnyaSMART, namun khusus kelas 12 UAS akan dilaksanakan hingga Sabtu. Ini bukan UAS pertama untuk kami yang telah duduk di kelas lebih tinggi, kami telah melewati serangkain UAS namun tetap saja tak bisa tak berusaha sekuat tenaga. Kenapa? Karena ujian ini adalah pertarungan kami dengan diri kami sendiri, “Kok bisa?” Jelas bisa karena ulangan harian, UTS, dan UAS menguji kami untuk selalu jujur pada diri, salah satunya dengan tidak mencontek. Pokoknya usaha terbaik akan kami kerahkan untuk membuktikan kalau kami bisa dan telah belajar dengan sungguh-sungguh.

***

Pagi ini (05/11), sedari pagi, hujan deras turun membasahi halaman asrama. Dingin, rasa ingin kembali memeluk guling, tapi kuurungkan niat tersebut karena harus segera bersiap ke sekolah. Segera saja kupaksakan diri ini mandi dan berpakaian rapi lalu berangkat ke sekolah, teman-temanku ternyata juga sudah siap, bahkan sambil jalan mereka masih terpekur di buku yang dibawa sebagai panduan UAS hari ini. aku hanya bisa geleng-geleng kepala dan membatin: “hebat sekali teman-temanku ini”. Ah Alhamdulillah hujan telah reda, jadi sebelum pelaksanaan UAS kami bisa mengikuti apel pagi terlebih dahulu. Selama apel banyak pesan disampaikan guru-guru terkait UAS hari ini hingga beberapa hari ke depan, banyak motivasi dan pelajaran berharga kami peroleh, tentu saja kami makin semangat dibuatnya. Guru-guru kami memang tak  ada duanya.

Setelah apel pagi kami menuju masjid untuk Shalat Dhuha bersama, khusyu kami meminta kepada Sang Pemilik Hidup agar kami yang melaksanakan #UASnyaSMART dimudahkan dan dilancarkan hingga hari terakhir, aamiin.

***

p_20161205_072447

Waktu masih menunjukkan pukul 07.00, tapi kami berbondong-bondong memilih untuk segera ke kelas dan memanfaatkan sisa waktu 30 menit untuk mengulang yang kami pelajari. Tepat pukul 07.30 pengawas masuk ke dalam kelas, itu tandanya kami sudah harus berhenti belajar dan harus segera ke tempat duduk yang telah disediakan. Dag dig dug dag dig dug ketika lembaran ujian dibagikan, walau deg-degan tapi kami yakin bisa mengerjakan dengan baik. Kubuka kertas ujian, lalu terkejut karena soal-soal yang kulihat berbeda dengan yang telah kupelajari. Salah soal kah? Ah ternyata aku hanya panik saja karena sejurus kemudian tangan ini telah menari-nari menjawab satu demi satu soal yang terpampang di kertas ujian.

“KRIIIIIIING”  bel cempreng mengagetkan kami sekelas, ternyata waktu ujian pertama telah habis. Riuh suara teman-teman kami membahas soal yang diujikan. “Duh tadi soalnya susah banget, gue gak yakin ini sama yang tadi dikerjakan”, “Semoga nilainya mencapai nilai KKM, deg-degan ih”. Aku hanya diam sambil bersiap untuk ujian selanjutnya, kebetulan hari ini ada tiga pelajaran yang diujikan jadi aku hanya akan fokus ke sana saja, urusan nilai dan yang lainnya bisa kupikirkan nanti.

p_20161205_073234

Istirahat selama lima belas menit ternyata cukup untuk menyegarkan pikiran sebelum kembali berkutat dengan soal-soal di ujian babak dua. Soal yang diujikan ternyata lebih menantang dibandingkan ujian di jam pertama, keringat dingin bercucuran, perut tiba-tiba melintir, rasa bingung melanda. Aku beristighfar hingga perasaan tenang, lalu mencoba mengerjakan soal lagi, Alhamdulillah semua berjalan lancar hingga selesai. Bel kembali berbunyi, dan suara adzan Zuhur telah memanggil kami, semua buru-buru ke masjid untuk melaksanakan Shalat Zuhur berjamaah sebelum kembali ke kelas dan (lagi) menghadapi soal ujian babak ketiga.

Waaah hari ini seakan menjadi hari terpanjang untuk kami, bayangkan tiga ujian dalam satu hari, tapi kami semua tetap bahagia karena UAS tahun ini entah mengapa terasa lebih menyenangkan dibandingkan UAS tahun-tahun sebelumnya.

Sekadar informasi untuk kalian jika hari ini mata pelajaran yang diujikan antara lain Bahasa Arab, Kimia (untuk IPA)/Ekonomi (untuk IPS), IPA Terpadu (untuk kelas 1, 2, 3), dan PKn. Untuk jadwal ujian lenih lengkap bisa kamu lihat di bawah ya

Senin: Bahasa Arab. IPA Terpadu. Kimia/Ekonomi. Pkn

Selasa: Islamika. IPS Terpadu. Biologi/Sosiologi. Fisika/Akuntansi

Rabu: Matematika. Matematika Wajib. IT

Kamis: Quran. Bahasa Indonesia. Fisika/Sejarah Peminatan. Biologi/Sosiologi

Jumat: Bahasa Inggris. Bahasa Indonesia. Sejarah Indonesia. Sejarah

Sabtu: Geografi/ Matematika Peminatan. Geografi.

Doakan kami ya, semoga kami bisa melewati #UASnyaSMART tahun ini dengan gemilang. Setelah UAS nanti kami akan bersiap untuk Pulang Kampung yeyyy. (AR)

p_20161205_073909 p_20161205_073456

p_20161205_072056 p_20161205_072130 p_20161205_072435 p_20161205_072700 p_20161205_072913 p_20161205_072939 p_20161205_073155 p_20161205_073234 p_20161205_073456