Ujian Nasional, Ujian Untuk Kita Semua

Wah Sobat SMART tak terasa ya Ujian Nasional (UN) telah datang lagi. Berbagai persiapan pasti telah kamu lakukan, begitupula dengan teman-teman kita di SMART Ekselensia Indonesia. Saat ini mereka sedang berjuang dan bertarung dengan soal-soal dan mata pelajaran yang menentukan kelulusan mereka. Keheningan jelas menyelimuti SMART EI, teman-teman kita yang lain seperti hilang dan tak diketahui keberadaannya. Lho memang pada ke mana? Mereka tidak ke mana-mana, hanya saja untuk menghormati kakak-kakak kelas yang sedang UN dan agar tidak menganggu jalannya UN para adik kelas belajar di tempat yang agak jauh.

Tahukah Sobat SMART kalau Setiap tahunnya SMART EI berhasil meluluskan semua muridnya, 100%! Oleh karenanya banyak pihak yang yakin kalau UN tahun ini SMART EI akan mampu meluluskan 100% murid-muridnya. Oh iya untuk kalian yang masih bingung dan bertanya-tanya: “Apa sih UN?” akan kami jelaskan sedikit nih, Ujian Nasional atau UN merupakan sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas berdasarkan UU No. 20 Tahun 2003. Nah kehadiran UN pernah menjadi momok karena beberapa tahun silam banyak sekolah yang gagal meluluskan murid-murid mereka, syukurlah sekarang sistemnya menjadi sedikit jauh lebih baik sehingga tingkat kelulusan tak seburuk tahun sebelumnya.

Setiap tahunnya banyak juga lho teman-teman kita yang stres menjelang dan saat UN tiba. Selain -mungkin- karena kurangnya kesiapan, bisa juga karena standar yang dipatok lumayan tinggi. Nah kami ada beberapa tips nih untuk kalian agar tidak stres menghadapi UN tahun depan. Yang pertama, kamu harus siap lahir batin! Jangan anggap UN sebagai sesuatu yang menakutkan, anggap saja ulangan biasa dengan soal yang lebih menantang. Kedua, persiapkan mental dan diri sebaik mungkin, karena yang tahu kapasitasmu kan hanya kamu. Ketiga, banyak-banyak berdoa karena kekuatan doa itu maha dahsyat. Keempat, jangan lupa sarapan sebelum ke sekolah, karena sarapan terbukti mampu menambah daya konsentrasi. Kelima, percaya diri dan jangan pernah menyontek! Keenam, kerjakan soal yang menurut kamu paling mudah. Ketujuh, jangan lupa bawa peralatan ujian sendiri, jadi kamu tidak ganggu konsentrasi temanmu yang lain. Semoga tips tersebut membantu kamu ya.

Kami juga mendoakan agar kalian semua juga lulus dengan nilai terbaik aamiin! Doakan kami juga ya Sobat SMART!

Tetap semangat! Tetap optimis!