UN 2016. SMART SEMANGAT!

 

1

Perasaan baru kemarin kami melaksanakan sidang Karya Ilmiah Siswa SMART (KAISS), eh tetiba Ujian Nasional (UN) 2016 sudah datang saja Sob. Yang jelas kami telah mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan ujian yang –katanya- menentukan nasib kami di masa depan.

2

Dari sebelum UN kami sibuk belajar, belajar, istirahat, belajar, dan belajar. Kelihatannya belajar melulu ya? Padahal nggak kok Sob, ada waktu di mana kami bisa santai, bahkan mungkin terlalu santai hehe. Mulai Senin (04/04) hingga saat ini kami sedang berjuang dan bertarung dengan soal-soal dan mata pelajaran yang menentukan kelulusan kami. Keheningan jelas menyelimuti SMART EI, karena selama kelas 12 melaksanakan UN kelas di bawahnya (kelas 7, 8, 10) juga sedang melaksanakan UTS, dan untuk menghormati kakak-kakak kelas yang sedang UN dan agar tidak menganggu jalannya UN para adik kelas dilarang ke kelas yang berada di lantai dua SMART EI.

3

4

Ada ritual yang selalu kami lakukan sebelum masuk kelas untuk melaksanakan UN Sob. Pukul 06.30 WIB kami sudah berkumpul di masjid untuk melaksanakan Shalat Dhuha agar hati lebih tenang, sekaligus meminta kemudahan ketika mengerjakan soal yang diujikan. Setelahnya kami berkumpul untuk doa bersama yang dipimpin langsung oleh pak Juli, Kepala Sekolah kami. Ketika dirasa cukup dan hati kami sudah lebih tenang kami baru diizinkan masuk ke kelas.

5

6

6a

Tahukah kamu Sob kalau tiap tahunnya SMART EI –Alhamdulillah- berhasil meluluskan semua muridnya dan rata-rata semuanya diterima 100% di PTN!  Oleh karenanya banyak pihak yakin kalau UN tahun ini SMART EI akan mampu meluluskan semua siswa-siswanya dan yakin 100% akan masuk PTN favorit mereka. Oh iya untuk kalian yang masih bingung dan bertanya-tanya: “Apa sih UN?” akan kami jelaskan sedikit nih, Ujian Nasional atau UN merupakan sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas berdasarkan UU No. 20 Tahun 2003. Nah kehadiran UN pernah menjadi momok karena beberapa tahun silam banyak sekolah yang gagal meluluskan murid-murid mereka, syukurlah sekarang sistemnya menjadi sedikit jauh lebih baik sehingga tingkat kelulusan tak seburuk tahun sebelumnya. UN tahun ini alih-alih menggunakan Computer Based Test (CBT) sekolah kami menggunakan Paper Based Test (PBT) Sob, UN sendiri dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 4 sampai 6 April 2016.

7

“Jujur deg-degan banget, tapi karena sudah belajar dan yakin banget pasti bisa, jadinya tak khawatir lagi. Bismillah aja pokoknya,” ujar Ihda harap-harap cemas.

8

Ada 38 kakak kelas kami yang mengikuti UN, 15 dari kelas IPA dan 17 dari kelas IPS. Selama tiga hari mereka akan berjuang menyelesaikan mata pelajaran yang  di-UN-kan. Untuk mata pelajaran yang diujikan sendiri antara lain Bahasa Indonesia, Kimia, Matematika, Biologi, Bahasa Inggris, dan Fisika untuk mereka yang mengambil jurusan IPA. Bahasa Indonesia, Geografi, Matematika, Sosiologi, Bahasa Inggris, dan Ekonomi untuk mereka yang mengambil jurusan IPS.

Sekadar informasi untukmu Sob, setiap tahunnya banyak juga lho teman-teman kita yang stres menjelang dan saat UN tiba, pun kami merasakan hal yang sama. Selain -mungkin- karena kurangnya kesiapan, bisa juga karena standar yang dipatok lumayan tinggi. Nah kami ada beberapa tips nih untuk kalian agar tidak stres menghadapi UN tahun depan. Yang pertama, kamu harus siap lahir batin! Jangan anggap UN sebagai sesuatu yang menakutkan, anggap saja ulangan biasa dengan soal yang lebih menantang. Kedua, persiapkan mental dan diri sebaik mungkin, karena yang tahu kapasitasmu kan hanya kamu. Ketiga, banyak-banyak berdoa karena kekuatan doa itu maha dahsyat. Keempat, jangan lupa sarapan sebelum ke sekolah, karena sarapan terbukti mampu menambah daya konsentrasi. Kelima, percaya diri dan jangan pernah menyontek! Keenam, kerjakan soal yang menurut kamu paling mudah. Ketujuh, jangan lupa bawa peralatan ujian sendiri, jadi kamu tidak ganggu konsentrasi temanmu yang lain. Semoga tips tersebut membantu kamu ya.

9

Kami mohon doamu ya Sob, semoga kakak-kakak kelas kami bisa mengerjakan soal dengan baik, mendapatkan nilai yang baik, dan bisa masuk PTN yang mereka inginkan. Kami juga mendoakan agar kalian semua juga lulus dengan nilai terbaik aamiin! Doakan kami juga ya Sobat SMART!

#SMARTSemangat #INSIGHTHebat

1 reply

Comments are closed.