UN Datang, Kami Siap Berjuang!

17-04-09-08-07-15-082_deco

 

Tak terasa Ujian Nasional (UN) SMA akhirnya datang juga. Besok atau lebih tepatnya Senin (10-04), kami yang duduk di Kelas XII akan berjibaku dengan ujian tahunan nan mendebarkan ini. Sudah jauh-jauh hari, kami, seluruh siswa SMART Kelas XII (baik IPA maupun IPS) belajar dengan sangat rajin, ke mana-mana kami membawa buku-buku materi UN yang super tebal, bahkan percaya atau tidak kami juga menjadi senang belajar di mana pun, ada yang memilih belajar di masjid sambil mabit (menginap), ada yang senang belajar di perpustakaan (disambi membaca koran), dan ada yang lebih senang belajar(baik sendiri maupun berkelompok) di asrama sambil mendengarkan musik atau menyendiri. Seru rasanya melihat gaya belajar teman-temanku tersebut, pokoknya masih banyak hal menarik lain jelang UN 2017.

UN tahun ini sekolah kami tak menerapkan sistem terdahulu alias paper base, melainkan menggunakan sistem berbasis komputer alias computer base. Walau sedikit gugup menghadapi ujian esok namun sudah menyiapkan berbagai macam hal untuk untuk berjuang menghadapi UN  lho. “Lalu apa saja persiapannya?”  Yuk simak tips di bawah, siapa tahu membantumu juga.

  1. Memiliki Buku Persiapan UN itu WAJIB!

Berbulan-bulan sebelum tanggal UN ditentukan, sebagian besar dari kami telah “mengantongi”  buku persiapan khusus buat belajar UN. Buku-buku tersebut biasanya kami pinjam di perpustakaan Pusat Sumber Belajar (PSB) Makmal Pendidikan, namun ada juga diantara kami yang sengaja menyisihkan uang saku untuk membeli buku persiapan UN yang harganya tentu saja tidak murah. Sisanya ada yang dibelikan orangtua masing-masing atau warisan dari kakak kelas sebelumnya. Kalau sudah punya buku persiapan UN rasanya tenang karena itu artinya kami bias belajar banyak dari sana, kami bisa mengulang banyak materi secara mandiri dan jika tak mengerti akan kami diskusikan bersama guru serta kawan-kawan yang lain

  1. Perbanyak Hal Positif

Sebagai kelas paling atas, keakraban kami semakin erat. Kami sering melakukan kegiatan bersama untuk kembali menguatkan ukhuwah kami sebagai satu angkatan, kami jadi lebih rajin berkumpul, saling mendoakan dan saling mendukung satu sama lain. Kami juga membuat gerakan bicara yang baik, ada juga gerakan afirmasi harapan setiap berangkat sekolah agar bisa menguatkan energi positif diantara kami semua

  1. Minta Maaf Biar Barokah

Salah satu cara lain yang kami lakukan agar UN kami berjalan dengan baik dan lancar ialah kami memilih untuk melakukan kegiatan meminta maaf serta restu dan doa kepada orangtua, para guru, plus adik-adik kelas. Kami yakin doa mereka akan dikabulkan oleh Allah swt.

  1. Ibadah Kudu Makin Getol

Yang paling penting lagi diantara semuanya yakni memperbanyak ibadah. Jauh sebelum UN kami sudah rajin melaksanakan berbagai ibadah sunah, namun menjelang UN kami meningkatkan intensitas ibadah kami agar Allah semakin melihat betapa kerasnya kami berusaha untuk maju. Karena kami percaya Allah akan membantu hamba-Nya yang mau berusaha dan pantang menyerah .

  1. Jaga Kesehatan

Di tengah kesibukan mempersiapkan banyak hal jelang UN kami tak lupa berolahraga dan rajin minum air putih agar fisik kami tetap kuat dan tak diserang penyakit. Selain itu kami juga sering berolahraga bersama agar tidak stress, karena stress juga bisa memengaruhi kesehatan lho. Mencegah lebih baik daripada mengobati kan? Yes!

“Dari seluruh persiapan yang sudah dilakukan, seberapa yakinkah kami menghadapi  UN tahun ini? Lalu targetnya apa saja?

Insha Allah kami yakin 100% bisa lulus UN SMA dengan baik dan berharap kelulusan tahun ini bisa lebih baik dari tahun lalu. Target? Insha Allah angkatan kami bisa jadi yang terbaik se-Jawa Barat, aamiin.

Semoga tips di atas dapat membantumu melewati hari-hari bahagia menjelang UN ya, kita saling mendoakan dan saling menyemangati agar kita semua bisa lulus dengan nilai yang baik, aamiin.

 

***

Satu lagi, menjelang UN 2017 kami telah mengumpulkan DUIT lho. Bukan, bukan duit untuk transaksi belanja, melainkan Doa, Usaha, Ikhtiar, dan Tawakal sebanyak-banyaknya dan melakukan semuanya dengan maksimal. Kami tak lupa menguatkan mental agar ketika ujian tiba kami bisa tenang dan mampu mengerjakan soal dengan cermat, tepat, dan teliti. Walau UN tahun ini menggunakan sistem berbasis komputer, tetapi kami tak mau menganggap remeh, kami harus tetap fokus dan berdoa sekuat tenaga agar jaringan internetnya tidak lola alias loading lama.

Kami ingin memohon maaf serta doa dan restu kepada seluruh civitas akademika SMART Ekselensia Indonesia, kepada seluruh karyawan Dompet Dhuafa Pendidikan,kepada donatur, dan kepada seluruh orangtua siswa SMART; Doakan kami semoga UN tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan kami semua mendapatkan yang terbaik dan bisa membawa nama baik SMART di kancah pendidikan nasional, aamiin . (MIA x AR)