UN (Ujian Nikmati) Saja!

Jpeg

Oleh: Vikram, Kelas 12 IPA

“Jika ujian datang cobalah untuk hadapi, hayati, dan nikmati!”

Namaku Vikram Makrif asal Jambi, kelas 12 IPA SMA SMART. Hari ini, 28 november2016 aku pergi ke Megamendung bersama teman sekelasku Vebrian Galih asal Jogjakarta. Kami berdua mengisi acara Training Motivasi Quantum Learning untuk siswa kelas 6 di SDIT Baitul Halim. SDIT Baitul Halim saat ini sedang mengadakan kegiatan Super Camp selama sehari semalam untuk siswa kelas 3 sampai kelas 6. Juga mengadakan kegiatan out bound untuk siswa kelas 1 dan 2.

Jpeg

Kami berangkat dari SMART bersama bu Dina sebagai pendamping. Kami dijemput oleh pihak sekolah Baitul Halim  pukul 11.00 dan sampai di sana pukul 12 siang. Setelah itu kami melihat-lihat tempat kamping para peserta, tempatnya sangat indah. Ada berbagai macam tempat rekreasi dan out bond. Lalu kami menuju aula acara training yang semi tertutup atau bisa dibilang seperti saung yang sangat luas. Kami makan siang terlebih dahulu, setelah itu baru kami mempersiapkan bahan-bahan dan materi yang akan disampaikan nanti.

Kegiatan Training Motivasi Quantum Learning ini bertujuan untuk menambah semangat siswa kelas 6 SD agar lebih giat lagi dalam belajar mempesiapkan diri sebelum UN. Juga untuk memberikan tips-tips agar belajar lebih mudah dan menyenangkan melalui metode Quantum Learning, yaitu Speed reading, Super Memory System, dan mind Mapping.

Tepat pukul 14.30 acara pun dimulai. Kami memulai acara dengan menguji kefokusan para peserta dengan permainan, setelah itu barulah kami memperkenalkan diri kepada seluruh peserta. Kami memberi materi dimulai dari  Speed Reading, setelah itu Super Memory System, dan yang terakhir mind mapping. Acara dimulai pukul 14.30 dan berakhir pukul 17.50. Pada setiap pergantian materi aku dan Galih memberikan ice breaking berupa permainan ataupun senam agar tidak membosankan.

Setelah menjelaskan tips-tips belajar yang mudah dan menyenangkan kami berdua berbagi pengalaman mempersiapkan diri sebelum UN SD dan pengalaman suka duka hidup di asrama. Mereka memerhatikan dengan seksama dan tertawa ketika kami cerita lucu.

Di akhir acara aku meminta mereka semua untuk saling menghargai satu sama lain, saling tolong menolong, dan juga saling meminta maaf pada teman yang lain. Mereka semua berdiri, saling berpelukan membentuk lingkaran. 16 peserta laki-laki saling bergandengan tangan membuat lingkaran yang besar. 16 peserta perempuan membentuk lingkaran juga namun lebih kecil karena mereka saling berpelukan dan menangis.

“Semuanya coba ikuti kata-kata kakak! Kita adalah teman, kita adalah sahabat, kita adalah keluarga, aku sayang kalian semua,” kataku menyuruh mereka mengulangi kata-kata yang kuucapkan.

“Kita adalah teman, kita adalah sahabat, kita adalah keluarga, aku sayang kalian semua,” teriak seluruh peserta penuh semangat sambil menatap wajah teman-temannya.

Peserta perempuan saling meminta maaf dan berpelukan dengan teman-temannya, sedangkan yang laki-laki saling meminta maaf walau tidak sambil menangis. Setelah itu kami semua bernyanyi bersama sebelum acara ditutup. Aku juga berpesan pada mereka agar tidak melupakan materi yang sudah diberikan serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Setelah ini kita semua harus lebih giat lagi belajarnya, cobalah untuk saling menolong sesama teman, dan juga kalian bisa pakai tips-tips dari kakak untuk pesiapan ujian kalian. Ingat jika ujian datang cobalah untuk hadapi, hayati, dan nikmati!” pesanku pada mereka.

Alhamdulillah acara berakhir dengan sukses, lalu kami semua berfoto bersama sebelum Shalat Magrib. Para peserta mengatakan acara training motivasinya seru dan mengasyikan, ada beberapa dari mereka yang ingin bermain dor-doran sepeti saat ice breaking, ada yang ingin video motivasinya lebih bayak lagi. Bahkan setelah acara selesai beberapa dari mereka meminta tanda tanganku juga tanda tangan Galih. Wah bahagia rasanya, semoga adik-adik  SDIT