Yang Muda Yang Satukan Harmoni Budaya Nusantara di OHARA

Olimpiade Humaniora Nusantara

Yang Muda Yang Satukan Harmoni Budaya Nusantara di OHARA

Bogor – Tak terasa setahun telah berlalu dan Olimpiade Humaniora Nusantara 2017 telah lama pergi meninggalkan kami.  Rasa sedih sempat menghampiri, namun hidup harus terus berjalan kan Sob?

Sekarang kami tak sedih lagi karena pada Rabu dan Kamis (23-24 Oktober) SMART Ekselensia Indonesia Boarding Islamic School akhirnya kembali mengadakan OHARA.

Olimpiade Humaniora Nusantara

 

Seperti yang kamu ketahui OHARA bertujuan untuk menyadarkan generasi muda untuk lebih perhatian terhadap budaya bangsanya. Kebanyakan anak muda zaman sekarang beranggapan bahwa budaya adalah suatu hal yang “kaku” dan “kuno”, padahal sebagai negeri yang memiliki banyak kekayaan budaya seharusnya menjadi suatu kebanggaan bagi para pemuda. Pemuda, sebagaimana pernyataan dari Soekarno, adalah tonggak suatu bangsa karena itulah SMART ingin turut serta berkontribusi terhadap  pengembangan budaya tanah air melalui lomba-lomba yang dapat membuat para pemuda semakin mencintai budaya.

Tahun ini OHARA mengusung tema “Satukan Harmoni Budaya Nusantara” sebagai pengingat jika indonesia adalah negeri dengan budaya sangat melimpah. Ada lima lomba yang dijagokan antara lain: Lintara, FAKN, Story Telling, Essay, dan OVJ.

Lintara alias Lintas Nusantara merupakan lomba yang ditujukkan untuk siswa SMP di seluruh indonesia. Lomba ini mengajak peserta untuk lebih mengenal budaya nusantara lebih dalam. Di Lintara, peserta akan merasakan budaya nusantara melalui berbagai mata lomba yang akan diadakan di indoor maupun outdoor. Tidak hanya budaya, peserta akan diajak untuk lebih dekat dengan alam.

Berbeda dengan Lintara, FAKN (Festival Akulturasi Kuliner Nusantara) adalah lomba yang akan menguji kereativitas para peserta untuk mengakulturasikan dua masakan khas daerah menjadi suatu sajian yang enak dan memilki nilai jual.

Ada juga lomba Story Telling, namun berbeda dengan lomba sejenis, di OHARA peserta WAJIB menggunakan bahasa daerah dari cerita yang mereka bawakan. Pokoknya keren deh Sob

Selain tiga lomba di atas di OHARA tahun ini  Essay turut mengambil porsinya sebagai lomba baru yang digadang mampu menyelaraskan kemampuan berpikir generasi muda dan kemampuan mereka menggerakan di masyarakat. Sst ada yang spesial di Essay nih Sob, karena para peserta akan kami ajak mengikuti pelatihan Social Leader forum bertajuk “Berkontribusi Nyata Terhadap Kemajuan Bangsa”.

Untuk lomba terakhir kami memiliki OVJ (Opera Van Jampang). Lomba ini adalah bentuk visual budaya nusantara yang dijadikan ke dalam bentuk opera disertai dengan guyonan-guyonan untuk menambah keseruan Para peserta dituntut mampu membuat pertunjukkan lucu berdasarkan cerita-cerita budaya di Indonesia. Menghibur dan seru sekali, kamu kudu nonton juga.

OHARA dapat terselenggara berkat dukungan darimu dan berbagai pihak. Kami harap OHARA mampu menjadi wadah untuk menampung inovasi-inovasi brilian anak bangsa demi menyatukan harmoni budaya nusantara. Tunggu reportase kami selanjutnya (AR).

SALAM OHARA….