,

Yuk Jadi Pebisnis Sob!

P_20180904_084814

Yuk Jadi Pebisnis Sob!

P_20180904_084704

 

Pagi Sob, hari ini kami kedatangan tamu istimewa lho. Beliau adalah Ibu Melisa, seorang entrepreneur muslim yang berbagi inspirasi di Aula SMART pada Selasa (04-09). Selama beberapa jam ke depan beliau memberikan materi seputar dunia bisnis kepada kami semua.

 

Menurut Ibu Melisa penting bagi generasi muda untuk mengetahui ingin menjadi apa di masa depan, sebab jika kita sudah mengetahui ingin menjadi apa maka kita akan mudah untuk menentukan target hidup yang ingin dicapai.

 

“Kalau di masa depan kalian menjadi orang sukses, itu berarti kerja keras kalian telah terbayar. Namun jangan sampai kesuksesan malah membuat akhlak kalian berubah,” ujar Ibu Melisa.

 

Akhlak, tambah Ibu Melisa, memegang peranan penting ketika kita memilih menjadi seorang pengusaha sebab tanpa akhlak yang baik maka seorang pengusaha hanya sekadar menjadi pengusaha.

 

“Pengusaha tanpa akhlak bagaikan hidup tanpa pegangan, oleh karena itu ketka menjadi pengusaha maka kalian harus mengedepankan akhlak baik,” seru Ibu Melisa.

 

Selama membangun bisnis Ibu Melisa mengalami jatuh bangun, tetapi hal tersebut tak membuat semangatnya kendur atau membuatnya menyerah. Ia menjelaskan kalau semangat turut memegang peranan penting agar api yang berkobar dalam diri tak padam.

 

“Semangat bisa menjadi salah satu bahan bakar untuk meraih mimpi, kalau kalian tak semangat bagaimana mimpi mau diraih? Betul tidak?” tanyanya disambut jawaban “Betuuuul” dari kami semua.

 

Kamu semua pasti setuju kalau hidup mengajarkan kita banyak pengalaman, nah persis seperti yang Ibu Melisa katakan kepada kami kalau pengalaman akan mengajarkan kita kemampuan untuk menyelesaikan masalah.

 

“Hidup pasti mengajarkan banyak hal, maka tugas kalian untuk menyusun jurus sendiri agar mampu menghadapi berbagai rintangan dalam hidup,” tegas Ibu Melisa.

 

Sebelum menutup acara Ibu Melisa mengajak kami semua menganalisis bisnis dengan praktik lapangan yang bertujuan mengasah peminatan dan kemampuan kami di bidang entrepreneur.

 

“Ada tiga tipe manusia di dunia. Pertama Tipe Teknisi, mereka adalah tipikal pekerja sendiri, menjual  sendiri, dan kebermanfaatannya ia nikmati sendiri. Kedua Tipe Manajer, mereka merupakan tipikal manusai dengan banyak teori dan hanya mementingkan diri sendiri serta golongannya saja. Terakhir Tipe Entrepreneur, ini adalah tipe manusia pemimpin, mereka bisa memimpin dan mampu membuat orang lain merasakan manfaat dari bisnisnya dan mampu membuat orang lain ikut sukses,” kata Ibu Melisa lantang.

 

Dalam mengambil keputusan seorang pengusaha harus melibatkan Allah, dengan melibatkan Allah maka seorang pengusaha akan semakin mudah dalam membaca peluang Sob. Agar semakin berkah pengusaha tidak boleh pelit untuk berbagi karena berbagi akan memperkaya diri dan memperlancar rejeki kita.

“Patut diingat kalau menjadi pengusaha maka kalian dituntut memiliki kemampuan berbagi, mulai dari berbagi ilmu, berbagi harta,  dan berbagi pengalaman. Ibu harap kamu semua kelak akan menjadi pengusaha sukses dunia dan akhirat aamiin,” tutup Ibu Melisa. (AR)