Yuk Jaga Perpustakaan Kita!

Sebut saja ia Perpustakaan Pusat Sumber Belajar (PSB) Makmal Pendidikan, salah satu tempat favotit kami (para siswa SMART) untuk sekadar bermain bersama atau membaca buku. Seperti yang kamu ketahui kalau para siswa SMART menganggap buku lebih dari apapun, kami cinta sekali dengan buku. Pokoknya tak ada waktu terbuang kecuali membaca buku, dan PSB menjadi oase pelepas dahaga kami akan ilmu pengetahuan.

IMG-20170215-WA0001 IMG-20170215-WA0000

Namun beberapa dari kami masih seenaknya dalam menggunakan fasilitas yang ada di PSB, karena itulah kak Dini, Creative Librarian PSB, dan kak Dian, Pustakawan PSB, bekerjasama dengan sekolah rutin mengadakan kegiatan “Pendidikan Pemakai”. Pendidikan Pemakai merupakan cara kakak-kakak PSB dalam menyosialisasikan berbagai macam program PSB termasuk di dalamnya apa yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan di dalam PSB.

IMG-20170215-WA0004 IMG-20170215-WA0002

Biasanya kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Media Pembelajaran PSB Lantai 2 ketika pelajaran konseling berlangsung, jadi selain belajar seputar diri sendiri kami juga belajar arti penting menjaga hal yang kami cintai agar keberlangsungan hidupnya lebih lama. Di Pendidikan Pemakai kami belajar seputar:

  1. Tata tertib di perpustakaan,
  2. Sistem temu kembali infomasi di perpustakaan, dan
  3. Bagaimana menelusur informasi di internet dengan efektif dan efisien

Kalau menurut kak Dian, PSB ingin mendidik para pemustakanya agar dapat menggunakan fasilitas perpusatakaan dengan maksimal sehingga pemustaka paham dan tahu bagaimana memanfaatkan informasi dan cara bersikap di perpustakaan.  Kalau kami semua sudah mengerti bukan tidak mungkin jika kelak Perpustakaan PSB menjadi tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi.

Terima kasih kak Dini dan kak Dian. (AR)